UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PAHLAWAN MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS V ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SDN PENGASINAN V KOTA BEKASI, JAWA BARAT ).

DIAN JUNEKAWATI, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PAHLAWAN MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS V ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SDN PENGASINAN V KOTA BEKASI, JAWA BARAT ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Dian JUNEKAWATI (1815115320).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (310kB)
[img] Text
Lembar Keaslian Skripsi.pdf

Download (272kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan metode pemecahan masalah ( problem solving ), untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa tentang pahlawan. Penelitian dilaksanakan di SDN Pengasinan V Kota Bekasi, dengan subjek penelitian siswa kelas 5 yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart, yang dilakukan selama dua siklus. Masingmasing siklus terdiri dari tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Proses pengumpulan data melalui tes kemampuan penalaran siswa khususnya tentang pahlawan pemecahan masalah (problem solving), dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, catatan lapangan dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran siswa, khususnya tentang pahlawan, dengan menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving). Hal ini dibuktikan dengan nilai kemampuan penalaran siswa pada siklus I yaitu 63,9% siswa yang tuntas, meningkat pada siklus II mencapai 91,7% siswa yang tuntas. Aktivitas guru dan siswa sesuai langkah-langkah metode ini mencapai 100% (mastery learning) pada akhir siklus II. Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah, membuat siswa lebih aktif belajar sesuai masalah nyata dan kontekstual dengan pemahaman yang terintegrasi. Guru bisa mengembangkan metode ini secara inovatif sesuai kebu tuhan siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi dinamis dan bermakna. This research is to find out the application of problem solving method, to increase student’s reasoning ability about computation of money . This research was conducted at SDN Pengasinan V Kota Bekasi, with 21 students as subject of research. This is an action research using Kemmis and McTaggart’s model in two cycles. Each consists of planning, acting, observing and reflecting. The data was collected by reasoning ability test, in particular about computation of money; by sheet of observation to teacher and student activity, transcript of activity and document analysis, applied for problem solving method. The result shows the increase of student’s reasoning ability about computation of money, by means of problem solving method. It was proved with the increase of students’ grade from 63,9% in first cycle to 91,7% in second cycle. The activity of teacher and student using problem solving method achieve mastery learning (100%) at the end of cycle. The implication of the researched indicates that employing problem solving method can make student’s centered instructional. Students correspond real problem with integrated comprehension in their learning. Teacher can develop this method with inovation according to requirement of student in classroom. This method make learning process become dynamic and meaningful.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Arifin Maksum,M.Pd. 2). Dra. Evita Adnan,M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 03 Apr 2022 06:45
Last Modified: 03 Apr 2022 06:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25652

Actions (login required)

View Item View Item