DICKY RENALDY, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION DI KELAS V SDN RAWA BADAK SELATAN 07 PAGI, KOJA, JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Dicky-Renaldy-1815125582.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar IPS melalui metode cooperative learning tipe team accelerated instruction di kelas v SDN Rawa Badak Selatan 07 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 38 peserta didik pada semester kedua tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Tagart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, hasil belajar siswa menunjukkan prosentase sebesar 39,5% sehingga belum dinyatakan tuntas belajar karena karena ketuntasan belajarnya masih di bawah masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 85%. Pada siklus II prosentase nilai hasil belajar siswa mencapai 86,8%. Instrumen pemantauan tindakan guru pada siklus I yaitu 72% meningkat pada siklus II yaitu 90,62%. Instrumen pemantauan tindakan peserta didik pada siklus I yaitu 65,62% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 87,5%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa metode cooperative learning tipe team accelerated instruction dapat dijadikan salah satu model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Dengan metode cooperative learning tipe team accelerated instruction peserta didik berperan aktif dalam diskusi kelompok sehingga terjadi pertukaran informasi, bertanggungjawab menjalankan tugas dalam kelompok, dan dapat menyumbangkan ide di dalam kelompoknya yang meletakkan peserta didik sebagai pelaku pembelajaran. Classroom Action Research that aims to increasing result study of social studies, the purpose of this study was obtain empirical data about that result study of the social studies through cooperative learning methods type team accelerated instruction in class V SDN Rawa Badak Selatan 07 Pagi. Subjects were students in the fifth grade of 38 students in the second semester of academic year 2015/2016. The experiment was conducted using a model of Kemmis and Mc. Tagart Action research conducted through the stages of planning, implementation, observation, reflection/evaluation as the basis for planning the next cycle. In the first cycle, the cognitive aspects of result study show the percentage of the class grade average of 39,5% of 28 students that have not been throughly studied for completeness declared still below the minimum completeness criteria (KKM) is equal to achievement at 85%, amounting to 86,8%. The results show the percentage of the value of teacher observation of actions in the first cycle and 72% increase in cycle II to 90,62%. The results show the percentage of the value students observation of actions in the first cycle reaches 65,62% and an increase in cycle II to 87,5%. The implication of this study is can be used as a cooperative learning methods type team accelerated instruction in increasing result study of social studies Elementaray School fifth grade students. With the cooperative learning methods type team accelerated instruction students actively participate in group discussions resulting in the exchange of information, responsible for running tasks in the group, and can contribute ideas in the group who put the students as the perpetrators of learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Yustia Suntari, S.Pd, M.Pd. 2). Dra. Dewi Hartanti, M.A. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 03 Apr 2022 11:07 |
Last Modified: | 03 Apr 2022 11:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25656 |
Actions (login required)
View Item |