PARTISIPASI ORANGTUA DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN ANAK DI BINA KELUARGA BALITA – PAUD CERIA RW 01 PEGANGSAAN DUA JAKARTA UTARA

DIEN SILVIA BUSTAMI, . (2016) PARTISIPASI ORANGTUA DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN ANAK DI BINA KELUARGA BALITA – PAUD CERIA RW 01 PEGANGSAAN DUA JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi_Dien Silvia Bustami_.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) bentuk partisipasi orangtua dalam program pembelajaran anak di BKB-PAUD, 2) upaya guru dalam menarik partisipasi orangtua, 3) faktor pendukung dan penghambat partisipasi orangtua dalam program pembelajaran anak di BKB-PAUD Ceria RW 01 Pegangsaan dua Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif, dan mengambil lokasi penelitian di BKB-PAUD Ceria RW 01 Pegangsaan dua Jakarta Utara. Subjek penelitian ini adalah orangtua didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) partisipasi orangtua, meliputi: memasukan anak mereka ke BKB-PAUD sebagai tempat pendidikan anaknya, aktif dalam proses pengambilan keputusan, mengikuti kegiatan orangtua, membantu secara materi. 2) Upaya guru dalam menarik partisipasi orangtua dengan menjaga pola komunikasi antara guru dengan orangtua.3)faktor pendukung dari partisipasi orangtua yaitu keadaan ekonomi rata-rata cukup baik, para Ibu tidak bekerja,hasil perkembangan anak-anak serta gaya kepemimpinan kepala sekolah. This study aimed to describe: (1) the form of participation of parents in the learning program child in toddlers family development - early childhood, (2) the efforts of teachers to attract the participation of parents, (3) the factors supporting and parental participation in learning programs child in TFD - ECD Ceria RW 01 Pegangsaan two North Jakarta. This study used a qualitative approach descriptive methods, and taking research location in TFD - ECD Ceria RW 01 Pegangsaan two North Jakarta. The subjects were parents of students. The data collection is done by using the method of observation, interviews and documentation. Techniques used in the analysis of the data is data reduction, data presentation and verification of data. Triangulation is done to clarify the validity of the data using the support sources. The results showed that: 1) the participation of parents, including: put their children to TFD - ECD as a child's education, active in the decision-making process, follow the activities of the parent, help materially. 2) The efforts of teachers in attracting participation of parents to keep communication patterns between teachers and parents.3) supporting factors of parental participation that the average economic situation is quite good, the mother did not work, the results of children's development and school leadership style.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Anan Sutisna, M.Pd. 2). Dr. Elais Retnowati, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 03 Apr 2022 11:20
Last Modified: 03 Apr 2022 11:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25657

Actions (login required)

View Item View Item