HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI LINGKUNGAN BUDAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) SISWA KELAS IV ( Survey di SDN Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur)

DINAR APRILIYANTI, . (2017) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI LINGKUNGAN BUDAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) SISWA KELAS IV ( Survey di SDN Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DINAR APRILIYANTI_1815130310.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan data empiris mengenai terdapat atau tidaknya hubungan antara persepsi lingkungan budaya dengan motivasi belajar SBK. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan sampel penelitian 101 responden yang berasal dari 2 sekolah yaitu SDN Duren Sawit 07 Pagi dan SDN Duren Sawit 08 Pagi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa angket sebanyak 20 pernyataan variabel Y dan 19 pernyataan variabel X yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis perbandingan Uji-t pada taraf signifikansi α= 0,05. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus koefisien korelasi product moment diperoleh nilai korelasi sebesar 0,721 yang menunjukkan Ha diterima artinya terdapat hubungan antara persepsi lingkungan budaya dengan motivasi belajar SBK. Uji t diperoleh nilai sebesar 10,36 dan nilai koefisien determinasi diperoleh 52%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan antara persepsi lingkungan budaya dengan motivasi belajar SBK siswa kelas IV di SDN Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Implikasi dari hasil penelitian ini secara teoretis memberikan suatu gambaran mengenai hubungan antara persepsi lingkungan budaya dengan motivasi belajar SBK. This research aims to determine and obtains empirical data about the existence of relationship between the perceptions of cultural environment with the motivation in learning SBK. This research was conducted in SDN at Duren Sawit District, East Jakarta in the lesson year of 2017/2018. Sampling was done by cluster random sampling technique with 101 respondent samples from 2 schools namely SDN Duren Sawit 07 Pagi and SDN Duren Sawit 08 Pagi. Technique of collecting data using research instrument in the form of questionnaire as many as 20 statements of variable Y and 19 statements of variable X, which the validity and reliability have been tested. The analysis technique used is t-test comparison analysis at significance level α = 0,05. Based on data analysis using formula of the coefficient product moment correlation, it obtained correlation value of 0.721 indicating Ha accepted which means there is a relationship between perceptions of cultural environment with motivation in learning SBK. T-test obtained value of 10.36 and the value of determination coefficient obtained 52%. The results of this study can be concluded that Ho is rejected and Ha accepted which means there is a relationship between perceptions of cultural environment with the motivation in learning SBK for fourth grade students in SDN Duren Sawit District, East Jakarta. Theoretically, the implications of the research result provide an overview of the relationship between perceptions of cultural environment with the motivations in learning SBK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Olga D. Pandeirot, M.Pd. 2). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 03 Apr 2022 11:31
Last Modified: 03 Apr 2022 11:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25659

Actions (login required)

View Item View Item