MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ADAPTIF (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas III Di SLB NEGERI KOTA DEPOK )

DWI ASTUTI, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ADAPTIF (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas III Di SLB NEGERI KOTA DEPOK ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI DWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada peserta didik tunagrahita ringan di SLB NEGERI KOTA DEPOK dan dilaksanakan pada bulan Januari 2016 sampai dengan Februari 2016. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SLB NEGERI KOTA DEPOK yang berjumlah 3 peserta didik. Fokus Penelitian adalah meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang di setiap siklusnya menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan dan observasi, dan tahap refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa lembar instrumen kemampuan pengenalan konsep bilangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media memancing angka dapat meningkatkan kemampuan pengenalan konsep bilangan pada peserta didik tunagrahita ringan kelas 3 SD. Persentase kemampuan pengenalan konsep bilangan pada peserta didik tunagrahita ringan siklus I, yaitu : AD; 60%, AN; 46%, dan RH;53%. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase perolehan skor pada kemampuan pengenalan konsep bilangan pada peserta didik tunagrahita ringan, yaitu :AD; 86%, AN;73%, dan RH;80%. Dengan demikian penelitian ini berhasil, terlihat adanya peningkatan persentase kemampuan pengenalan konsep bilangan pada peserta didik tunagrahita ringan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa media memancing angka dapat meningkatkan kemampuan pengenalan konsep bilangan pada peserta didik tunagrahita rigan kelas 3 di SLB NEGERI KOTA DEPOK. The purpose of this research is to improve the ability in recognizing the Concept of numerals toward a mild mental retardation students at SLB NEGERI KOTA DEPOK and it was held as of January to February 2016. The subject of the research are three 3rd Grade Students from SLB NEGERI KOTA DEPOK. This research is focusing in increasing the ability of knowing the numerals concept. It was performed in 2 cycles which each cycle using the methods of design research of class activity consists of three steps, namely planning, action and observation and also reflection. Data collection was performed by using some test instrument in the form of instrument sheet of ability of knowing the numerals concept. The result of this research showed that the media number games are able to increase the ability of knowing the numerals concept toward a 3rd Grade students with mild mental retardation. The percentage of knowing the numerals concept toward mild mental retardation students, cycle 1, namely: AD ; 60%, AN ; 46%, and RH; 53%. In Cycle 2 showed an percentage increase for some scores concerning the ability of knowing the numerals concept to mild mental retardation students, namely : AD ; 86 %, AN; 73% and RH ; 80%. Taking into account the foregoing this research was successfully performed, it showed that there is an increase on the ability of knowing the numerals concept to mild mental retardation students. It also indicated that the media number games can improve the ability of knowing the numerals concept to 3rd Grade students with mild mental retardation , at SLB NEGERI KOTA DEPOK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Wuryani, M.Pd. 2). Dra. Trisna Mulyeni, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 00:59
Last Modified: 04 Aug 2022 05:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25674

Actions (login required)

View Item View Item