PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PROSES SOSIO-EDUKASI EMPAT MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Liza Novirdayani Noor, . (2015) PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PROSES SOSIO-EDUKASI EMPAT MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Liza Novirdayani Noor_4815116334.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai peran media sosial dalam sosio edukasi di kalangan empat mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNJ dalam membentuk ketiga aspek pembelajaran yakni aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana fungsi media sosial dalam meningkatkan stock of knowledge (pengetahuan), lalu menjelaskan bagaimana fungsi media sosial dalam pembentukan sikap mental mahasiswa, dan juga menjelaskan bagaimana fungsi media sosial dalam membangun keterampilan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Penelitian ini memusatkan diri secara intensif pada suatu obyek tertentu yang mempelajarinya sebagai suatu kasus dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Dengan mengambil 4 orang informan yang berasal dari 4 orang mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNJ. Penelitian berlokasi di Kampus A UNJ. Triangulasi data penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara kepada bapak Nukman Luthfie, beliau merupakan Ahli Media Sosial Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosio edukasi penggunaan media sosial di kalangan empat mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNJ dapat membentuk tiga aspek pembelajaran, yakni aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Keberhasilan pengembangan aspek kognitif, juga akan berdampak positif terhadap perkembangan aspek psikomotorik. Kecakapan psikomotorik merupakan manifestasi wawasan pengetahuan dan kesadaran serta sikap mentalnya. Ketiga aspek yang terbentuk dalam penggunaan media sosial empat Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNJ didapat dari pola penggunaan yang berbeda, yaitu pertama, penggunaan media social sebagai sarana pergaulan. Kedua, penggunaan media sosial sebagai sarana yang dapat menunjang akademik. Akademik tersebut maksudnya sebagai media pembelajaran yang membantu dalam memperoleh terkait informasi-informasi perkuliahan. Ketiga, penggunaan media sosial sebagai sarana bisnis online. Keempat, penggunaan media sosial sebagai sarana untuk mengikuti suatu gerakan sosial dimana media sosial yang bersifat online data berperan untuk menciptakan sebuah gerakan sosial yang terjadi di dunia nyata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yuanita Aprilandini, M.Si ; 2). Dr. Eman Surachman, MM
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Jan 2020 14:55
Last Modified: 06 Jan 2020 14:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2568

Actions (login required)

View Item View Item