PENGEMBANGAN MEDIA PHOTOSTORY PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 63 JAKARTA

DYAR WIDYANTONO, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PHOTOSTORY PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 63 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DYAR WIDYANTONO 1215116016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa media photostory untuk topik Perilaku Menyimpang bagi siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan pengembangan pada penelitian ini dibagi menjadi 5 kelompok besar yaitu (1) Analisis, (2) Perencanaan (3) Pengembangan (4) Implementasi dan (5) Evaluasi. Produk dievaluasi menggunakan evaluasi formatif yang dilakukan kepada expert review yaitu ahli media dan ahli materi. Sedangkan uji coba kepada pengguna dilakukan dengan 3 tahap yaitu one-to-one, small group dan field test. Hasil evaluasi expert review memperoleh predikat sangat baik dari ahli media dan sangat baik dari ahli materi. Hasil uji coba kepada calon pengguna pada tahap ujicoba one-to-one memperoleh predikat sangat baik, hasil ujicoba pada tahap small group memperoleh predikat baik. Hasil uji coba pada tahap field test sebanyak 84,84% siswa memperoleh nilai diatas rata-rata 75 dengan nilai rata-rata sebesar 79,24. Berdasarkan hasil evaluasi dan uji coba yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa media photostory pembelajaran sosiologi dengan topik Perilaku Menyimpang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Produk telah melaui tahap revisi dan penyesuaian beberapa kali selama proses pengembangan. Media photostory pembelajaran sosiologi dapat digunakan oleh siswa kelas X Sekolah Menengah Atas yang ingin mempelajari tentang topik Perilaku Menyimpang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd. 2). Retno Widyaningrum S,Ik, MM.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:11
Last Modified: 04 Apr 2022 01:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25681

Actions (login required)

View Item View Item