POLITICAL BRANDING DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MELALUI NEW MEDIA (Studi Pada Kampanye Media Sosial Anies Baswedan – Sandiaga Uno di Pilkada DKI 2017)

CARLA MAYRIZKA CHAIRUNISA, . (2017) POLITICAL BRANDING DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MELALUI NEW MEDIA (Studi Pada Kampanye Media Sosial Anies Baswedan – Sandiaga Uno di Pilkada DKI 2017). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Carla Mayrizka_Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Studi ini secara fokus mendeskripsikan strategi komunikasi politik melalui media sosial yang dilakukan oleh calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno melalui platform media sosial. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pemaparan deskriptif, yang disertai dengan sejumlah perolehan data yang menunjukan bahwa Anies-Sandi mengedepankan kampanye yang informatif, edukatif, dan presentatif. Penyampaian pesan politik yang berulang tersebut kemudian terpola menjadi suatu strategi komunikasi yang digunakan oleh tim kampanye dalam membentuk citra positif dikalangan masyarakat, yang disisi lain juga merupakan strategi untuk menciptakan adanya demokrasi yang sejuk melalui kampanye yang bersih. Relasi antar aktor dalam konteks kampanye sangat berperan dalam membentuk citra politik Anies-Sandi pada Pilkada 2017, yang diaplikasikan melalui kampanye media sosial. Kampanye media sosial tidak semata-mata dilakukan sebagai sarana untuk mempresentasikan figur Anies-Sandi sebagai pemimpin yang layak. Melainkan, bagaimana Relawan INSIDER sebagai bagian dari tim sukses digital Anies-Sandi mampu mengolah konten yang interaktif, sehingga masyarakat yang tergabung dalam netizen mampu berpatisipasi secara politik. Partisipasi yang diterapkan tidak hanya berupa dukungan suara, namun bagaimana mereka mampu secara aktif menanggapi fenomena politik yang sedang terjadi dewasa ini (political awareness), yang juga merupakan sebuah langkah dalam mewujudkan demokrasi yang ideal. The study aims to describe the strategy of political communication through social media platform, which is conducted by Jakarta’s Governor and Vice Governor candidate, Anies Baswedan and Sandiaga Uno. This research uses qualitative method with descriptive explanation, accompanied by a number of data acquisition which shows that Anies-Sandi put forward an informative, educative, and presentative campaign. Submission of repeated political messages is then patterned into a communication strategy, which then used by the campaign team in shaping a positive image among the people, on the other hand also a strategy to create a civilized democracy through honest political ad The relationships between actors in the context of the campaign plays a very important role in shaping Anies-Sandi's political image in the 2017 Pilkada, which is applied through social media campaigns. Social media campaigning is not merely done as a means to present the figure of Anies-Sandi as a worthy leader. Rather, how the INSIDER Volunteers as part of Anies-Sandi's digital success team is able to process interactive content, so that the internet society is able to participate politically. Participation is not only applied by the form of voting method, but how they are able to actively respond to current political awareness, which is also a step in building an ideal democracy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Rakhmat Hidayat, S.Sos., M.Si., Ph.D 2) Ubedillah Badrun, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:14
Last Modified: 04 Apr 2022 01:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25682

Actions (login required)

View Item View Item