POLA ASUH IBU KARIR DALAM MENJALANKAN DISIPLIN IBADAH SHALAT REMAJA (Studi Kasus di Komplek Marinir Angkatan Darat Cilandak Jakarta Selatan)

CHOIRUNNISA, . (2017) POLA ASUH IBU KARIR DALAM MENJALANKAN DISIPLIN IBADAH SHALAT REMAJA (Studi Kasus di Komplek Marinir Angkatan Darat Cilandak Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI CHOIRUNNISA 4715137109.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi antara pola asuh yang ada dalam buku teori Baumrind dengan pola asuh yang diterapkan oleh ibu karir dalam menjalankan disiplin ibadah shalat remaja. Dalam penelitian ini, pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan peneliti adalah wawancara dan observasi. Dengan metode tersebut, peneliti mengumpulkan data melalui wawancara informan secara langsung objek permasalahan. Salah satu keresahan yang terjadi yaitu rendahnya kualitas ibadah shalat remaja karena pengaruh dari Gadget. Kemajuan teknologi memang tidak dapat dihindari. Remaja terlalu asik menggunakan gadget hingga lupa akan waktu serta kewajiban, baik itu belajar dan beribadah. Hadari Nawawi yang di kutip oleh Mansur dalam buku Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, pola asuh merupakan suatu cara terbaik yang dapat ditempuh orang tua dalam mendidik anak-anaknya sebagai perwujudan dari rasa tanggung jawab kepada anak-anaknya. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa setiap orang tua menerapkan pola asuh yang berbeda-beda, cara dalam pengasuhan anak juga berbeda, orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter cenderung keras dalam mendidik anak untuk disiplin, orang tua yang menerapkan pola asuh permisif cenderung membebaskan anaknya tanpa pengawasan dari orang tua, dan orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis cenderung memberi kebebasan disertai dengan pengawasan dan menciptakan komunikasi dua arah. Dalam pola terdapat faktor yang menyebabkan terciptanya pola pengasuhan, yang pertama kepribadian orang tua, kedua persamaan pola asuhan yang diterima orang tua, dan usia orang tua. The purpose of this study is to determine the relevance between the existing parenting patterns in the theory book Baumrind with the care pattern applied by the career mother in running the discipline of adolescent prayer worship. In this study, the approach taken is through qualitative descriptive approach. While the method used by researchers is interview and observation. With these methods, researchers collect data through interviews informants directly the object of the problem. One of the unrest that happened was the low quality of adolescent prayer worship due to the influence of Gadget. Technological advances are unavoidable. Teens are too cool to use gadgets to forget about time and obligations, whether it is learning and worship. Hadari Nawawi quoted by Mansur in the book Early Childhood Education in Islam, parenting is the best way that parents can take in educating their children as a manifestation of a sense of responsibility to their children. From the results of the study concluded that every parent applies different parenting patterns, the way in parenting is also different, parents who apply authoritarian parenting tend to be hard in educating children for discipline, parents who apply permissive parenting tend to free their children without supervision From parents, and parents who apply democratic parenting tend to give freedom with supervision and create two-way communication. In the pattern there are factors that lead to the creation of parenting patterns, the first personality of the parents, the two parenting patterns of parental acceptance, and the age of the parents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Izzatul Mardhiah, MA 2) Khairil Ikhsan Siregar, MA
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:47
Last Modified: 04 Apr 2022 01:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25697

Actions (login required)

View Item View Item