MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP SISWA KELAS V SDN PENGGILINGAN 05 PAGI CAKUNG JAKARTA TIMUR

EKA SEPTIANAH, . (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP SISWA KELAS V SDN PENGGILINGAN 05 PAGI CAKUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Eka Septianah 1815133344.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Image
Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di kelas VD SDN Penggilingan 05 Pagi Cakung Jakarta Timur belum optimal, aktivitas dan hasil belajar siswa belum sesuai harapan. Materi IPS yang banyak dan luas, metode mengajar yang digunakan monoton, penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat, dan model pembelajaran yang kurang interaktif serta siswa tidak terlibat langsung dalam pembelajaran merupakan faktor yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model artikulasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 (dua) siklus. Tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VD SDN Penggilingan 05 Pagi Cakung Jakarta Timur yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar 63,33% siswa mencapai KKM dan siklus II meningkat 33,34% menjadi 96,67% siswa yang mencapai KKM. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model artikulasi dapat dijadikan sebagai salah satu model mengajar guru untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Social studies in class learning SDN Penggilingan 05 Cakung East Jakarta has not been optimized, the activity and results of student learning expectations yet. Social studies material are many and vast, monotonous teaching methods are used, the use of media of instruction, which is less precise, and less interactive learning models as well as students not directly involved in the study was a factor which aspects influenced the research he had done. The purpose of this research is to improve the learning outcomes of the students using the IPS model articulation. The research is the research action class (PTK) are implemented with 2 (two) cycle. Stages of each cycle i.e. planning, implementation, observation, and reflection. The subject of research is the grade VD SDN Penggilingan 05 Pagi Cakung, East Jakarta that amounted to 30 students. The technique of data collection was done through observation, interviews, tests, and documentation. The results showed an increase in student learning outcomes in students of social studies. It can be seen from the increase in the results of a study on cycle I of 63.33% of students achieving the KKM and cycle II increased 33.34 96.67%% to students who achieve the KKM. The research results show that the model of articulation can serve to one model of teaching teachers to improve the learning results of IPS students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd 2). Dra. Evita Adnan, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:50
Last Modified: 04 Apr 2022 01:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25700

Actions (login required)

View Item View Item