PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN EKSPONEN DAN LOGARITMA KELAS X SMA N 106 JAKARTA

AKMAL HAKIM, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN EKSPONEN DAN LOGARITMA KELAS X SMA N 106 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (145kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (144kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (980kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Lembar Originalitas.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika untuk siswa kelas X. Media pembelajaran ini dibuat karena kurangnya sumber belajar matematika berbasis teknologi yang terdapat sekolah sehingga membuat siswa kurang termotivasi untuk belajar dan kesulitan untuk memahami materi eksponen dan logaritma. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi yang dikembangkan adalah materi eksponen dan logaritma dengan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik memiliki komponen proses pembelajaran yaitu mengamati, menanya, mengeksplorasi, menalar, dan mengomunikasikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini melalui lima tahapan. Tahapan pertama yaitu tahap penelitian pendahuluan yang dilakukan dengan menyebar angket analisis kebutuhan kepada siswa kelas X . Tahap kedua yaitu tahap perencanaan yang dimulai dengan membuat garis besar isi media (GBIM) sebagai pedoman dalam penyusunan media pembelajaran. Pembuatan GBIM disesuaikan dengan hasil analisis kurikulum, materi, dan tujuan pembelajaran. Tahap ketiga yaitu tahap pengembangan yang dimulai dengan membuat draft.. Media pembelajaran digunakan untuk uji coba lapangan. Tahap selanjutnya uji coba lapangan kelompok kecil yang melibatkan guru dan siswa. Terakhir, yaitu uji lapangan kelompok besar siswa yang melibatkan lebih banyak siswa. Hasil dari media pembelajran yang dikembangkan telah di uji coba oleh guru berkategori sangat baik dengan persentase 88,49%. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan terhadap siswa diperoleh persentase rata-rata 84,66% yang berkategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba kelompok besar siswa diperoleh persentase rata-rata 87,6% yang berkategori sangat baik. Hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika yang dikembangan telah layak digunakan pada proses pembelajaran siswa kelas X SMA. This research was intended to produce media learning mathematics to students class X. Learning media were created because the lack of learning based math technology schools are so as to make students less motivated to learn and difficult to understand exponent and logarithms matter. Based on analysis needs, material developed was matter exponent and logarithms by scientific approach. Scientific approach having component parts learning that is observed , questions , explore , think , and communication. This research uses the methods of research and development. This research through five steps. The first step of preliminary research phase is done by spreading the now needs analysis to students of class X. The second step is planning starting with draw up an outline media content as a guideline in the preparation of the media learning. The third step in the development of starting with prepare a draft. Media learning used to trial field. The next stage of the trial of the field a small group of involving teachers and students. The last, namely the field a large group of students who involving more many students. Results from the media learning developed has tested by teachers is very well with percentage 88,49%. Based on the results of the trial of a small group that was conducted on students obtained the percentage of the average 84,66% which means very good. Based on the results of the trial of a large group that was conducted on students obtained the percentage of the average 87,6% which means very good. The results of the tryouts is indicated that media learning mathematics developed by this has good for used to the process teaching class X high school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Lukman El Hakim, M.Pd 2) Aris Hadiyan Wijaksana, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:53
Last Modified: 04 Apr 2022 01:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25702

Actions (login required)

View Item View Item