PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 65 JAKARTA

CORY AYU NOVIANI, . (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 65 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cory Ayu Noviani-4415126817 (FIS UNJ).pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh metode pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 65 Jakarta dari bulan Juli sampai Agustus 2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi terget dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 65 Jakarta yang berjumlah 591 siswa dari 17 kelas, sedangkan populasi terjangkau kelas XI SMA Negeri 65 Jakarta yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 180 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel yang diambil berjumlah dua kelas yaitu kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 50 soal dan diujikan kepada 20 siswa. Melalui uji validitas dengan rumus “r” product moment hasilnya menunjukan 42 soal valid dan 10 soal tidak digunakan, jadi hanya 40 soal yang digunakakan, sedangkan uji reabilitas dengan rumus Spearman Brown nilai reabilitas sebesar 0,957 yang berarti instrumen reliabel/ajeg. Uji persyaratan analisis dilakukan melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors pada kelas eksperimen diperoleh Lh (0,139) < Lt (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lh (0,131) < Lt (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Barlett dan diperoleh 2hi (3,142) < 2ta (3,84), maka varians homogen. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilkan thitung 9,173 > ttabel 2,00 pada taraf kepercayaan 95% ( = 0,05), maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah pada SMA Negeri 65 Jakarta. This study aims to obtain empirical data on the effect of inquiry learning methods on learning outcomes history. This research was conducted in SMA Negeri 65 Jakarta from July to August 2016. The research approach used is a quantitative approach with the experimental method. Target population in this study were all students of SMA Negeri 65 Jakarta totaling 591 students from 17 classes, while the population of affordable class XI SMA Negeri 65 Jakarta consisting of five classes with the number of 180 students. The sampling technique using random sampling. Samples were taken amounting to two classes of class XI 1 as an experimental class IIS and IIS XI 2 as the control class. The instrument used in this study a total of 50 multiple choice questions about and tested on 20 students. Through test the validity of the formula "r" product moment valid results show 42 questions and 10 questions are not used, so only 40 questions that be adopted, while the reliability test with the formula Spearman Brown reliability value of 0.957, which means the instrument reliable / steady. Test requirements analysis is done through tests of normality and homogeneity test. Testing for normality using Lilliefors test the experimental class obtained Lh (0,139) <Lt (0.148), the normal distribution of data distribution and the control class obtained Lh (0.131) <Lt (0.148), the normal distribution of data distribution. Homogeneity test using the test Barlett and obtained2hi(3,142) < 2ta (3.84), then the variance is homogeneous. Hypothesis testing using t test formula produces tcount 9.173> 2.00 ttable at level of 95% (= 0.05), then Ho is rejected and H1 accepted. It can be concluded that the inquiry learning methods affect the results of studying the history of the SMA Negeri 65 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Tuti Nuriyah Erwin, M.Pd 2) Dra. Corry Iriani R, M.Pd,
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 02:06
Last Modified: 04 Apr 2022 02:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25705

Actions (login required)

View Item View Item