DAMAYANTI JUNAEDI, . (2017) PENGARUH MEDIA FILM DOKUMENTERTERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH Studi Eksperimen di Kelas XI MIA SMA Negeri 70 Jakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Damayanti Junaedi, Pendidikan Sejarah 2012, 4415120300.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh mediafilm dokumenter terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 70 Jakarta sejak bulan Juli 2016 sampai bulan Juli 2017. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target penelitian yakni seluruh siswa SMA Negeri 70 Jakarta, yang teridri dari 30 kelas, dengan jumlah siswa 1.808 orang. Populasi terjangkau penelitian, yakni siswa kelas XI MIA SMA Negeri 70 Jakarta yang berjumlah 252 siswa yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil dari populasi terjangkau dengan menggunakan teknik random sampling, yakni kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilhan ganda sebanyak 60 soal dan diuji kepada 36 siswa. Melalui uji validitas dengan rumus r Product Moment hasilnya hasilnya menunjukkan 40 soal valid dan 20 soal tidak digunakan sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Spearman Brown diperoleh rii= 0,943 dengan demikian instrumen tersebut dapat digunakan. Uji persyaratan analisis dilakukan melalui uji normalitas dan homogenitas. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors, pada kelas eksperimen diperoleh Lh (0,106) < Lt (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal dan kelas kontrol diperoleh Lh 0, 115 < Lt (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunkan uji Bartlett dan diperoleh X2h(2,614) <X2h(3,84) maka atau varians homogen. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilkan thitung 11,695 > ttabel 2,00 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,005), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media film dokumenter terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 70 Jakarta. This mini thesis aims to obtain data of the effect of using Documentary Film on learning outcomes history. The study was conducted in SMA Negeri 70 Jakarta from March-April 2017. The approach used in this research is quantitative experimental method. The research population targets all students of SMA Negeri 70 Jakarta, which consist of 30 classes, the number of students is 1,008 people. Population reach of this research is the students of class XI MIA SMA Negeri 70 Jakarta totaling 252 students consisting of seven classes. The research sample consisted of two classes drawn from the population reach by using random sampling techniques.The class of XI MIA 3 serve as an experimental class and class XI MIA 7 as the control class. The instrument used in this study is a total of 60 multiple choice question that were tested to 36 students. Via testing the validity of the formula “r Product Moment” the results show 40 valid questions and 20 questions are not used while the reliability test with Spearman Brown formula obtained rii= 0,943. Thus the instrument can be used. The requirements analysis is done through a pilot test for nomality and homogenity. Using the Liliefors test of normality, the experimental class obtained Lh (0,106) < Lt (0,148), the normal distribution of data distribution and the control class obtained Lh 0, 115 < Lt (0,148), the normal distribution of data. Homogeneity test is using Bartlett test and obtained X2h(2,614) <X2h(3,84), then or homogeneous variance. Hypothesis test using t test formula produces result in thitung 11,695 > ttabel 2,00 at level of 95% (α _ 0,005), then H0rejected and H1 accepted. Therefor, it concluded that there are significant influence of Documentary Filmon the learning outcomes in the history of SMA Negeri 70 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Drs. M.Fakhruddin, M.Si 2) Dr. Kurniawati, M.Si |
Subjects: | Sejarah Dunia > Sejarah |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 04 Apr 2022 02:14 |
Last Modified: | 04 Apr 2022 02:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25709 |
Actions (login required)
View Item |