MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN MELALUI METODE BERCERITA PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VII C1 (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Negeri 02 Jakarta, Jakarta Selatan)

ELVI NESTIA DIRGA, . (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN MELALUI METODE BERCERITA PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VII C1 (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Negeri 02 Jakarta, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ELVI NESTIA DIRGA.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dengan hasil 6-10 melalui metode bercerita pada peserta didik tunagrahita sedang kelas VII C1 di SLB N 02 Jakarta, Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I diperoleh rata-rata 45,5 dan belum memenuhi target yang ingin dicapai peneliti, maka dilanjutkan ke siklus II. Setelah diberikan tindakan pada siklus II diperoleh rata-rata 91. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan penjumlahan dengan hasil 6-10 pada peserta didik tunagrahita sedang kelas VII C1 yang diperoleh dari data hasil analisis pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan perolehan skor pada saat evaluasi. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik untuk menggunakan metode pembelajaran yang kreatif salah satunya adalah penggunaan metode bercerita yang dibantu dengan alat peraga boneka tangan dan media yang konkret seperti permen, jeruk, dan lain-lain. This research aims to improve the result of learning math of results with addition 6-10 through storytelling method on moderate intellectual disabilities students class VII C1 at SLB N 02 Jakarta, Sout Jakarta. This class action research used a design research Kemmis and Taggart trough two cycles consisting of research planing, acting, observing and reflecting. On the cycle I the average is 45,5 and isn’t enough to fulfill the target which researcher desire, so it continued to cycle II. After it given the action cycle II, the average is 91. The result of this research is using storytelling method can improving the result of learning math addition with result 6-10 on moderate intellectual disabilities students class VII C1 data obtain from the analysis results at the time of implementation learning activities and acquisition of the score at the time of evaluation. Implication of this research expected to be a reference for teachers to use creative learning method one of them is the use of storytelling method and assisted with the hand puppet props and real media such as candy, oranges, and others.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wuryani, M. Pd. 2). Dra. Trisna Mulyeni, M. Sc.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 02:33
Last Modified: 04 Apr 2022 02:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25720

Actions (login required)

View Item View Item