POLA HUBUNGAN AKTOR EKONOMI PASAR KAGET RAWAJATI PASAR MINGGU

DEA NITYASTARI, . (2017) POLA HUBUNGAN AKTOR EKONOMI PASAR KAGET RAWAJATI PASAR MINGGU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Dea Nityastari_Sosiologi Pembangunan Reguler 2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji pola hubungan sosial aktor-aktor ekonomi pasar tradisional dalam mempertahankan eksistensinya di Pasar Kaget Rawajati. S asaran yang dikaji adalah aktor-aktor yang berperan dalam Pasar Kaget Rawajati yang terdiri dari pengelola pasar, preman pasar, pedagang kios, pedagang kaki lima, pembeli, dan masyarakat di sekitar Pasar Kaget Rawajati. Secara sederhana pola hubungan dapat mengandung arti sebagai asosiasi (perkumpulan), kerjasama, dan saling ketergantungan antar individu (aktor). A danya pola hubungan dan jaringan sosial mempermudah aktor-aktor ekonomi Pasar Kaget Rawajati dalam akses sumberdaya yang tersedia di lingkungan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam penelitian ini peneliti bermaksud untuk memperoleh pemahaman yang terkait dengan pola hubungan yang terbentuk di Pasar Kaget Rawajati. Penelitian ini mengunakan metode studi kasus yaitu menyelidiki suatu kasus atau peristiwa yang dibatasi oleh waktu dan juga aktivitas, melalui obeservasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Waktu penelitian ini dilakukan pada pertengahan tahun 2015, pada bulan Agustus dan September. Lokasi penelitian dilakukan di Pasar Kaget Rawajati, Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Subjek Penelitian ini meliputi 2 orang pedagang kaki lima , 2 orang pedagang kios, 5 orang pembeli, 2 orang petugas kebersihan pasar, 1 orang pengelola pasar dan 1 orang preman pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola hubungan sosial yang dimiliki oleh aktor-aktor ekonomi Pasar Kaget Rawajati adalah pola hubungan vertikal dalam status sosial ekonomi yang berbeda pada pengelola pasar dengan preman pasar, serta preman dengan pedagang kios maupun pedagang kaki lima. Pola hubungan sosial horizontal dalam status ekonomi yang sama pada pedagang kios maupun pedagang kaki lima. Hubungan sosial yang membentuk jaringan sosial aktor ekonomi Pasar Kaget Rawajati terdiri dari dua jenis pola hubungan yaitu: pola hubungan hierarkis dan simetris, dan pola hubungan tersebut masing-masing terbagi menjadi empat yaitu harmonis, mutualisme, konflik dan persaingan. This study examines the social relations patterns of traditional market economic actors in maintaining their existence in Pasar Kaget Rawajati. The targets studied are the actors who play a role in Pasar Kaget Rawajati consisting of market managers, market thugs, kiosk vendors, street vendors, buyers, and communities around Pasar Kaget Rawajati. Simply relationship pattern can mean as association (association), cooperation, and interdependence between individual (actor). The existence of patterns of relationships and social networks facilitate economic actors Pasar Kaget Rawajati in access to available resources in the social environment. This study uses a qualitative approach, in this study researchers intend to obtain an understanding associated with the pattern of relationships formed in Pasar Kaget Rawajati. This research uses case study method that is investigating a case or event that is limited by time and also activity, through obeservation, interview, literature study and documentation. The time of this study was conducted in mid- 2015, in August and September. The location of the research was conducted at Pasar Kaget Rawajati, Rawajati Village, Pasar Minggu Subdistrict, South Jakarta. The subjects of this research are 2 street vendors, 2 kiosk sellers, 5 buyers, 2 market cleaners,1 market manager and 1 market thug. The results showed that the pattern of social relationships owned by market actors Kaget Rawajati Market is a pattern of vertical relationships in different socioeconomic status in market managers with market thugs, as well as thugs with kiosk vendors and street vendors. The pattern of horizontal social relations in the same economic status in the kiosk and street vendors. The social relationships that make up the social network of the market actor of Pasar Kaget Rawajati consist of two types of relationship pattern, namely: hierarchical and symmetrical relationship pattern, and the pattern of each relationship is divided into four namely harmonious, mutualism, conflict and competition.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Yuanita Aprilandini, M.Si 2) Ahmad Tarmiji, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 02:39
Last Modified: 04 Apr 2022 02:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25723

Actions (login required)

View Item View Item