PENGEMBANGAN BUKU FISIKA DILENGKAPI AUGMENTED REALITY PADA POKOK BAHASAN HUKUM GERAK NEWTON, HUKUM GRAVITASI NEWTON, USAHA DAN ENERGI UNTUK SMA KELAS X

AIDHA NURFATHIHA ZULKARNAEN, . (2017) PENGEMBANGAN BUKU FISIKA DILENGKAPI AUGMENTED REALITY PADA POKOK BAHASAN HUKUM GERAK NEWTON, HUKUM GRAVITASI NEWTON, USAHA DAN ENERGI UNTUK SMA KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AIDHA SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk dalam bentuk buku Fisika yang dilengkapi dengan Augmented Reality pada pokok bahasan hukum gerak Newton, hukum gravitasi Newton, usaha dan energi untuk SMA Kelas X. Buku yang dihasilkan dapat menampilkan video melalui media Augmented Reality yang terintegrasi dengan sistem android. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan (research & development). Berdasarkan metode yang digunakan, dilakukan uji kelayakan dan uji coba penggunaan produk, dengan hasil rata-rata presentase yang diperoleh sebagai berikut: Hasil uji kelayakan materi sebesar 88,46%. Hasil uji kelayakan media sebesar 83,27%. Hasil penilaian kelayakan penggunaan produk oleh guru sebesar 90,13%. Hasil uji coba terbatas kepada siswa sebesar 92,27%. Uji efektivitas menggunakan uji gain ternormalisasi dengan rata-rata skor sebesar 0,41 yang menyatakan terjadi peningkatan pengetahuan dengan kriteria sedang. Berdasarkan uji kelayakan dan uji coba produk, maka buku fisika yang dilengkapi Augmented Reality pada pokok bahasan hukum gerak Newton, hukum gravitasi Newton, usaha dan energi yang dikembangkan layak dijadikan sebagai buku fisika di SMA. This research is aims to develop and produce products in the form of a physics book which is equipped with Augmented Reality on the subject of Newton’s law of motion, Newton's law of gravity, work and energy for the class of X senior high school. This Books can display videos through the medium of Augmented Reality that integrated with the android system. The research method used is research and development. Based on the methods used, product is test of feasibility and trials of the product, with the average percentage of the results that are obtained as follows: results of the feasibility test of learning is 88,565. The result of feasibility test of media is 83,27%. The results assessment of the feasibility of the use the product by the teacher is 90.13% . Result of limited trial by the student is 92.27%. The effectiveness test use gain test with an average score of 0.41 which state the knowledge is increased with moderate criteria. Based on the feasibility test and product trials, a physics book which is equipped with Augmented Reality on the subject of Newton’s law of motion, Newton's law of gravity, work and energy that developed decent as book of physics in senior high school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Fauzi Bakri, S.Pd, M.Si. 2) Drs. Andreas Handjoko Permana, M.Si
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 02:41
Last Modified: 04 Apr 2022 02:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25725

Actions (login required)

View Item View Item