AHMAD TRIYUNANDA, . (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DILENGKAPI SIMULASI PhET PADA POKOK BAHASAN INDUKSI ELEKTROMAGNETIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
FULL BUAT PERPUS UNJ DAN FAK..pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa lembar kegiatan siswa (LKS) pada pokok bahasan induksi elektromagnetik. Proses pembuatan LKS menggunakan model ADDIE dengan langkah-langkah sebagai berikut: analyze, design, development, implementation, evaluation. Tahapan analisis (analyze) terdiri dari analisis kurikulum 2013, garis besar materi serta tujuan pembelajaran. Tahap perancangan (design) meliputi perancangan awal LKS yang akan dikembangkan. Berikutnya adalah pengembangan (development) LKS dengan mengacu pada tujuan dan mengikuti sintaks keterampilan proses. LKS yang dihasilkan kemudian akan diimplementasikan melalui ujicoba kepada siswa SMA N 44 Jakarta Timur pada pokok bahasan induksi elektromagnetik. Didapatkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli pembelajaran dengan interpretasi sangat baik dengan skor rata-rata keseluruhan berturut-turut adalah 82.56 % dan 89 %. Hasil validasi oleh ahli media didapatkan interpretasi baik dengan skor rata-rata 74.5 %. Serta data pendukung oleh uji coba siswa sebesar 86.3 % dengan interpretasi sangat baik. This study aims to produce teaching materials in the form of student activity sheet (LKS) on the subject of electromagnetic induction. The process of making LKS using ADDIE model with the following steps: analyze, design, development, implementation, evaluation. The analysis stage consists of the curriculum analysis of 2013, the outline of the material as well as the learning objectives. The design stage includes the initial design of the LKS to be developed. Next is the development LKS with reference to the objectives and follow the process skills syntax. The resulting LKS will then be implemented through trials to 44 senior high school students East Jakarta on the subject of electromagnetic induction. Validation results obtained by material experts and learning experts with a very good interpretation with the overall average score is 82.56% and 89% respectively. The results of validation by media experts obtained good interpretation with an average score of 74.5%. As well as supporting data by student test of 86.3% with excellent interpretation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. I Made Astra, M.Si 2) Dra. Raihanati, M.Pd |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 04 Apr 2022 02:50 |
Last Modified: | 04 Apr 2022 02:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25729 |
Actions (login required)
View Item |