HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DASAR EKOLOGI DENGAN ENVIRONMENTAL SENSITIVITY SISWA (Studi Korelasional terhadap Siswa di SMA Negeri 31 Jakarta)

AFINA IZZATA MUSLIMAH, . (2017) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DASAR EKOLOGI DENGAN ENVIRONMENTAL SENSITIVITY SISWA (Studi Korelasional terhadap Siswa di SMA Negeri 31 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Afina Izzata Muslimah_3415131001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ekologi sangat penting untuk dipelajari oleh siswa, karena Ekologi mencakup segala hal tentang lingkungan termasuk salah satu masalah lingkungan yang dapat siswa temukan di lingkungan sekolah yaitu Sensitivitas Lingkungan. Siswa cenderung tidak menyadari ketika dirinya mengalami sensitivitas lingkungan karena kurang memiliki pengetahuan dasar Ekologi, sehingga siswa tidak akan mudah melakukan adaptasi di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara pengetahuan dasar Ekologi dengan sensitivitas lingkungan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 31 Jakarta pada bulan Maret 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei melalui studi korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X program MIA dengan jumlah sampel sebanyak 93 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Hasil perhitungan koefisien reliabilitas instrumen pengetahuan dasar Ekologi dan sensitivitas lingkungan yaitu reliabel. Hasil pengujian normalitas data dengan uji Kolmogorov-Smirnov yaitu data kedua variabel berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas data dengan Uji Bartlett yaitu data dari kedua variabel homogen. Uji hipotesis menggunakan uji regresi memperoleh hubungan yang positif antara pengetahuan dasar Ekologi dengan sensitivitas lingkungan siswa. Ecology is very important for students to learn, because Ecology studies everything about the environment including one of the environmental problems students can find in the school environment that is Environmental Sensitivity. Students tend to be unaware when they experience environmental sensitivity due to lack of basic knowledge of Ecology, so that students will not be easy to adapt in the school environment. The purpose of this research is to know the relationship between basic knowledge of Ecology with students' environmental sensitivity. This research was conducted at SMA Negeri 31 Jakarta in March 2017. The type of research used is quantitative research with survey method through correlational study. The subjects of this study were the students of class X of MIA program with the total sample of 93 students selected by simple random sampling technique. The result of calculation of reliability coefficient of basic knowledge instrument of Ecology and environmental sensitivity is reliable. The results of normality test data with Kolmogorov-Smirnov test is the data of the two normal distributed variables. The result of homogenity test with Bartlett test is data from two homogeneous variables. Hypothesis test using regression test obtained a relationship between basic knowledge of Ecology with student's environmental sensitivity

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. I Made Putrawan 2) Dra. Yulilina Retno, M. Biomed
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:14
Last Modified: 04 Apr 2022 03:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25736

Actions (login required)

View Item View Item