HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

AFILIA RAKHMANTI, . (2017) HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (9MB)

Abstract

Stres dapat dialami pada setiap manusia dan memiliki dampak yang negatif. Bagi mahasiswa, stres dapat bersumber dari berbagai stresor, seperti tekanan untuk sukses dalam akademik atau memikirkan masa depan yang belum sesuai tujuan, atau masalah keluarga. Mahasiswa juga dihadapkan pada kehidupan sosial, fisikal, dan akademik dan mungkin akan berdampak pada prestasi akademik mereka. Prestasi akademik mahasiswa diukur dengan menggunakan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan prestasi akademik mahasiswa biologi. Penelitian dilakukan di Univesitas Negeri Jakarta pada bulan April hingga Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah studi korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa biologi Universitas Negeri Jakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 216 mahasiswa yang diambil secara Simple Random Sampling. Setelah diuji prasyarat, data penelitian berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan korelasi menunjukkan -0,360 yang menunjukkan terdapat hubungan negatif antara tingkat stres dengan prestasi akademik mahasiswa biologi Universitas Negeri Jakarta. Perhitungan regresi yang dilakukan menghasilkan persamaan Ŷ = 3,859 – 0,006x, dengan X yaitu tingkat stres dan Y yaitu prestasi akademik mahasiswa. Koefisien determinasi menghasilkan 0,129 yang berarti tingkat stres memiliki kontribusi sebesar 12,9% dalam menentukan prestasi akademik mahasiswa, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti, seperti jenis kelamin, umur, atau status sosial ekonomi. Stress can be experienced by anyone and have negative implications. Students currently attending college, stress can come from different kinds of stressors, such as the pressure of academics with an obligation to succeed or uncertain future or family problems. The students also face social, physical, and academic which may affect for their academic achievement. Academic achievement of the biological students reffered to their result , Grade Point Average (GPA). This study aimed to determine the relationship between stres level and academic achievement among biology students. This study was conducted in State University of Jakarta on April until May 2017. Research method used in this study was correlation study. Population from this study were biological students. A total of 216 students used for this study were taken by Simple Random Sampling. Prerequisite test data was homogenous and normally distributed. Correlation test resulted -0.360 which means there was a relationship between stress level and academic achievement among biological students in State University of Jakarta. Regression test resulted Ŷ = 3.859 - 0.006x, which X was stress level and Y was students’ academic achievement. Determination coefficients was 0.129, that means stress level had a contribution of 12.9% in determining students’ academic achievement, while the rest will be influenced by other factors, such as, gender, ages, or socioeconomic status.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Refirman Dj, M.Biomed 2) Ns. Sri Rahayu, S.Kep. M.Biomed
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:44
Last Modified: 04 Apr 2022 03:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25738

Actions (login required)

View Item View Item