PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM PADA PERCOBAAN BIDANG MIRING DENGAN TOPIK BAHASAN KOEFISIEN GESEK UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA SMA

ADITYA RAHMATULLAH, . (2017) PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM PADA PERCOBAAN BIDANG MIRING DENGAN TOPIK BAHASAN KOEFISIEN GESEK UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
aditya 3215122011 pendidikan fisika.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari penelitian dan pengembangan alat praktikum percobaan bidang miring dalam topik bahasan koefisien gesek untuk pembelajaran fisika di SMA. Penelitian ini mengacu pada metode Penelitian ADDIE yang meliputi tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (develop), implementasi (implement) dan evaluasi (evaluate) guna mengembangkan perangkat percobaan bidang miring dan menguji keefektifan produk tersebut. Beberapa tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap awal, tahap pengembangan produk awal dan tahap implementasi produk. Alat peraktikum ini telah di validasi dengan aspek materi dan design oleh dosen Universitas Negeri Jakarta. Responden yang digunakan dalam penelitian ini meliputi beberapa SMAN di daerah jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pembagian kuisioner. Instrument penilaian alat praktikum tersebut dianalisis dengan menggunakan Skala linkert. Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan, didapatkan hasil rata-ratanya sebesar 87.85% untuk validasi ahli materi, 81.33% untuk validasi ahli media, 92.5% ujicoba untuk guru dan 92.07% untuk ujicoba pemakaian alat peraga serta LKS kepada siswa. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa alat praktikum itu sangat baik dan layak digunakan sebagai alat praktikum dalam pembelajaran fisika SMA. This research aims to determine the feasibility of the research and development of practical tools sloping field trials in coefficient of friction to the topic of learning physics in high school. This research refers to research methods ADDIE which includes the step of analysis (analysis), design (design), development (develop), implementation (implement) and evaluation (Evaluate) to develop experimental devices the incline and test the effectiveness of the product. Several stages in the study include the early stages, the initial product development phase and the implementation phase of the product. Peraktikum tool has been validated with the material aspects and design lecturer of Jakarta State University. Respondents were used in this study include some of SMAN in the Jakarta area. Data collection technique used observation and distribution of questionnaires. Instrument practicum assessment tools were analyzed using linkert Scale. Based on the results of the validation have been conducted, showed the average of 87.85% for validation subject matter experts, 81.33% for media expert validation, testing 92.5% and 92.07% for teachers to test the use of props as well as worksheets to students. From these data we can conclude that practicum tool was very good and fit for use as a tool in teaching high school physics lab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Raihanati, M. Pd 2) Dr. Mutia Delina, M. Si
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:49
Last Modified: 04 Apr 2022 03:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25740

Actions (login required)

View Item View Item