SINTESA DAN UJI SIFAT KATALITIK NIKEL FERIT (NiFe2O4) UNTUK MEMECAH UAP PERTALITE PADA HYDROCARBON CRACK SYSTEM

ADIT KRISTIANINGRUM, . (2017) SINTESA DAN UJI SIFAT KATALITIK NIKEL FERIT (NiFe2O4) UNTUK MEMECAH UAP PERTALITE PADA HYDROCARBON CRACK SYSTEM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ADIT KRISTIANINGRUM_3325130971_KIMIA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nikel ferit (NiFe2O4) merupakan salah satu spinel ferit yang telah banyak dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan sifat katalitik NiFe2O4 terhadap daya, torsi dan emisi. Dalam penelitian ini, nikel ferit telah disintesis menggunakan metode kopresipitasi. Hasil karakterisasi FT-IR menunjukkan bahwa NiFe2O4 berbentuk spinel yang ditandai dengan munculnya puncak vibrasi pada bilangan gelombang 590 dan 416cm-1 . Morfologi NiFe2O4 merupakan partikel yang terkristalisasi dengan distribusi yang homogen. NiFe2O4 yang dihasilkan selanjutnya digunakan sebagai katalis pada pipa HCS yang kemudian dilakukan uji dynotest dan emisi pada kendaraan roda empat yang menggunakan bahan bakar pertalite. Hasil pengujian membuktikan bahwa kendaraan yang memakai HCS dapat menaikkan nilai daya sebesar 6,6%, perubahan nilai torsi sebesar 10,4%, menurunkan kadar emisi CO2 sebesar 0,4%, HC sebesar 0,09% dan menaikkan kadar O2 sebesar 0,02%. Nickel ferrite (NiFe2O4) is one of the most developed ferrite spinel. This study aims to determine the characteristics and catalytic properties of NiFe2O4 to power, torque and emissions. In this study, nickel ferrite was synthesized using coprecipitation methods. The FT-IR characterization consequences spinel-shaped NiFe2O4 is characterized by the appearance of a vibration peak at wave numbers 590 and 416cm1 . The morphology of NiFe2O4 is consist of well-crystallized grains, with relatively homogenous grain distribution. The result of NiFe2O4 is used as a catalyst in the HCS pipe, then which is tested for dynotest and emission on vehicles using pertalite fuel. The test conclusion proves that vehicles using HCS can increase the power value by 6.6%, change the torque value by 10.4%, decrease CO2 emissions by 0.4%, HC by 0.09% and increase O2 levels by 0, 02%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Erdawati M.Sc 2) Dr. Darsef Darwis M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:59
Last Modified: 04 Apr 2022 03:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25745

Actions (login required)

View Item View Item