STRATEGI PEMBELAJARAN ORIENTASI DAN MOBILITAS BAGI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN DI KELAS IV (Study Deskriptif di SDLB-A Pembina Tingkat Nasional, Jakarta)

ERIKA DWI PUSPITA, . (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN ORIENTASI DAN MOBILITAS BAGI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN DI KELAS IV (Study Deskriptif di SDLB-A Pembina Tingkat Nasional, Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Erika Dwi Puspita.pdf

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan menganalisis secara faktual tentang kegiatan pembelajaran Orientasi dan Mobilitas bagi peserta didik dengan hambatan penglihatan di kelas IV SLB-a. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Orientasi dan Mobilitas bagi peserta didik dengan hambatan penglihatan kurang terlaksana secara maksimal, Karena tidak adanya penyesuaian metode, materi, media dalam pembelajaran Orientasi dan Mobilitas antara peserta didik low vision dan peserta didik totally blind, sehingga peserta didik tidak dapat memaksimalkan kemampuan yang dimilikinya. Oleh karena itu, guru perlu menyesuaikan metode, materi, media pembelajaran Orientasi dan Mobilitas sesuai dengaan kebutuhan peserta didik, agar mereka dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki. The purpose of research is to reveal and analyze factual about learning of orientation and Mobility for student with the vision disability in clas IV SLBa. the study used a qualitative approach. The techniques to collection of data in this research, its used method observation, documentation, and interview. The results of research shows the learning Orientation and Mobility for student with vision of disability less than maximum, because there’s no ajustment method, material, media in learning Orientation and Mobility between the student with low vision and the student with totally blind. So, the students is can’t to maximally their skill. So, the teacher Orientation and Mobility must be ajustment in method, material, and media learning Orientation and Mobility with their’s need.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Asep Supena, M.Psi. 2). Marja, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 05:22
Last Modified: 04 Apr 2022 05:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25749

Actions (login required)

View Item View Item