GAMBARAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Survei di Kelurahan Jati Mekar, Bekasi)

ERIN WINDA PRIDAYANTI, . (2017) GAMBARAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Survei di Kelurahan Jati Mekar, Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (300kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (252kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (529kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (16kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (517kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (147kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (248kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (260kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (662kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (801kB)
[img] Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (19kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan mendeskripsikan data keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di wilayah Kelurahan Jati Mekar, Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Prosedur pengumpulan data menggunakan skala rating kepada anak sebagai responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik studi proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di wilayah kelurahan Jati Mekar berada pada kategori berkembang sesuai harapan dalam 4 aspek yang meliputi komunikasi, kerjasama, berbagi, dan penyelesaian konflik. Pada aspek komunikasi anak menunjukkan kategori “berkembang sesuai harapan” sebesar 41%, pada aspek kerjasama anak menunjukkan kategori “mulai berkembang” sebesar 41%, pada aspek berbagi anak menunjukkan kategori “berkembang sesuai harapan” sebesar 50%, dan aspek penyelesaian konflik pada kategori “berkembang sesuai harapan” sebanyak 44%. Data kualitatif menunjukkan bahwa orang tua maupun lingkungan sekitar memberikan stimulasi dan pembiasaan keterampilan sosial pada anak. Implikasi dari penelitian ini yaitu penerapan aspek keterampilan sosial dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan sikap, perilaku dan karakter anak. This study aims to obtain data and describes the social skills of children aged 5-6 years in the territory of the Jati Mekar village, Bekasi. This research uses a quantitative approach with survey method. Data collection procedure using the rating scale to children as respondents. The proportional technique is used for data analysis. The results showed that the social skills of children aged 5-6 years in the area of the Jati Mekar village is considered in “developing as expected” of four aspects which include communication, cooperation, sharing, and conflict resolution. On the communication aspect of children shows the category of “developing as expected” decreasing by 41%, on the cooperation aspect of children shows the category of "began to develop" 41 %, the aspect of sharing shows the category of "developing as expected" by 50%, and the aspect of conflict resolution in the category of "developing as expected" as much as 44%. Qualitative result showed that both parents and environment neither provide stimulation and habituation of social skills children. The implications of this research is the application of social skills aspects that related to the attitude, behavior, and character of children in daily life.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Lara Fridani, S.Psi, M.Psych, Ph.D. 2). Dr. Hapidin, M,Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 05:28
Last Modified: 04 Apr 2022 05:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25754

Actions (login required)

View Item View Item