Hubungan antara Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) Geografi dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas Negeri Wilayah II Kota Administrasi Jakarta Timur.

DESI ARYANI, . (2017) Hubungan antara Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) Geografi dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas Negeri Wilayah II Kota Administrasi Jakarta Timur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Desi Aryani PDF.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) geografi dengan hasil belajar siswa kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas Negeri wilayah II Kota Administrasi Jakarta Timur. Dalam penelitian ini metode yang di gunakan adalah metode korelasional. Penelitian korelasi adalah penelitian untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih dengan mengukur koefisiensi dan signifikansi dengan menggunakan statistic. Tehnik pengambilan sampel dari penelitian ini dilakukan dengan sensus atau sampling Jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yang bertujuan untuk membuat generalisasi dengan tingkat kesalahan yang sedikit (Sugiyono, 2010: 85) karena populasi seluruh guru Geografi yang mengikuti UKG, yaitu sebanyak 20 orang, maka 20 guru tersebutlah yang akan dijadikan sampel Hasil pengolahan data dengan menggunakan Product Moment Correlation dari 20 responden guru yang telah mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) dan Hasil Belajar Siswa dalam pemebelajaran Geografi diperoleh hasil hubungan yang positif dengan nilai r positif, dengan hal ini berarti semakin tinggi Nilai Kompetensi Guru maka semakin baik pula Hasil Belajar Siswa. Hal ini di buktikan dari nilai koefisien dari korelasi Pearson sebesar 0,577 dan hasil nilai r table dengan dk=20 yaitu sebesar 0,468, sehingga r hitung 0,577> r table 0,468. Dengan demikian di interpretasikan bahwa hubungan antara Kompetensi Guru dan Hasil Belajar Siswa memiliki hubungan kearah positif, dan cukup kuat karena berada pada rentangan 0,40 – 0,599. Adapun besar kontribusi hubungan antara kompetensi guru dengan hasil belajar siswa sebanyak 33,29%. Dari hasil ini membuktikan bahwa 66,71% merupakan sumbangan dari faktor lain yang dapat menentukan hasil belajar siswa. This research aimed to obtain empirical data on The Correlation Between Competency Test Result of Geography Teachers with Study Results of Geography from Grade X and XI Students of State Senior High School in Region II of East Jakarta City. This research used correlational method to understand the relation between two or more variables with measuring coefficient and significance by using statistic. The sampling technique used is Census or Saturation sampling to determining the sample. This technique take all members of the population as a sample which aims to make generalizations with small error level. the population of all Geography teachers who follow UKG is 20 people, then all the 20 teachers taken as sample.The result show positive correlation between the teacher who have followed Teacher Competency Test (UKG) and Student Learning Outcomes in Geography. It is proved from the coefficient value of Pearson correlation of 0,577 and result of r table value with dk = 20 that is equal to 0,468, so r count 0,577> r table 0,468. Thus interpreted that the correlation between Teacher Competence and Student Learning Results has a positive correlation, and quite strong because it is in the range 0.40 - 0.599. The great contribution of the relationship between teacher competence and student learning outcomes as much as 33.29%. From these results proves that 66.71% is a contribution of other factors that can determine student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Rudi Iskandar, M.Si 2) Drs. Warnadi, M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 05:33
Last Modified: 04 Apr 2022 05:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25758

Actions (login required)

View Item View Item