Mohammad Namiraz Prananda, . (2016) EFEKTIVITAS PELATIHAN SKUADRON ( Studi Kaderisasi Unggulan Siswa Mandiri Indonesia ) DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Deskriptif Kualitatif Di SMA Labschool Cibubur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRACT.pdf Download (87kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (162kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (202kB) |
|
Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (133kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (224kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (133kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (244kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (455kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (311kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (814kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (90kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas kegiatan pelatihan SKUADRON. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Waktu penelitian dimulai dari April – Mei 2016 di SMA Labschool Cibubur. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan beberapa data yang berkaitan dengan pelanggaran indisipliner. Sebagai informan adalah para siswa – siswi kelas X dan XI yang mengikuti kegiatan pelatihan SKUADRON. Kemudian sebagai key informan adalah wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Bapak Drs. Warisno, pelatih dari LAKESPRA SARYANTO Bapak Mayor Kes Turaji dan Kapten Kes Mualim. Dan sebagai expert adalah dosen dari jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Jakarta. Bapak Dr. Daddy Darmawan. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan tentang peningkatan kedisiplinan siswa di SMA Labschool Cibubur. Pertama terdapat berbagai tahapan – tahapan dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan SKUADRON. Tahapan – tahapan tersebut merupakan hasil dari kerjasama antara pihak Labschool dengan Lakespra. Tahapan – tahapan kegiatan tersebut dapat dikatakan meningkatkan kedisiplinan siswa. Pada sebelum pelaksanaan pelatihan SKUADRON peneliti menemukan bahwa para siswa masih sering melanggar tata tertib yang sekolah miliki. Hal tersebut berdasarkan data – data pelanggaran siswa SMA Labschool Cibubur. Namun pada setelah pelaksanaan SKUADRON tingkat kedisiplinan siswa meningkat, hal tersebut peneliti dapat dari hasil observasi selama kegiatan berlangsung, wawancara dengan informan, key informan. Tidak hanya dari hasil observasi dan wawancara saja, peningkatan kedisiplinan tersebut dapat dibuktikan dengan data pelanggaran siswa. Berdasarkan data tersebut kasus pelanggaran siswa menurun namun tidak drastis. Dan berdasarkan wawancara juga tidak semua siswa merasakan perbedaan pada kedisiplinannya sebelum dan sesudah kegiatan. Kesimpulannya pelatihan SKUADRON efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Suhadi, M.Si ; 2). Dr. Achmad Husen, M.Pd |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 16:40 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 16:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2577 |
Actions (login required)
View Item |