PENGEMBANGAN BAHAN AJAR VOCABULARY BAHASA INGGRIS BERBASIS METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE UNTUK SISWA KELAS V SD

FADIYAH, . (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR VOCABULARY BAHASA INGGRIS BERBASIS METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE UNTUK SISWA KELAS V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FADIYAH SKRIPSI - PDF.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar kosakata Bahasa Inggris berbasis metode Total Physical Response (TPR) untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dengan menggunkan model pengembangan hasil kombinasi dan modifikasi antara model pengembangan ADDIE dan model pengembangan Dick and Carey. Terdapat 6 tahapan dari hasil modifikasi tersebut yaitu analysis (analisa) , merumuskan tujuan pembelajaran ,design (desain), development (pengembangan), dan implementation-evaluation (implementasi-evaluasi). Responden yang terlibat dalam penelitian pengembangan ini diantaranya, satu dosen ahli bidang studi bahasa Inggris, satu dosen ahli media, satu dosen ahli desain instruksional, dan 37 orang siswa kelas V SDN Guntur 03 Pagi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar kosakata Bahasa Inggris berbasis Metode Total Physical Response (TPR) untuk siswa kelas V SD memperoleh penilaian sangat baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil nilai rata-rata keseluruhan expert review sebesar 94% , rata-rata penilaian small group evaluation sebesar 92,6%, dan field test sebesar 94,7%. dan peningkatan hasil pre-test dan post-test dari rata-rata nilai 69 ke 89, artinya produk yang dihasilkan sangat baik. The focus of research and development to develop materials of english vocabulary based on Total Physical Response (TPR) method for 5th grade Elementary School Students. This research used research model and modification between ADDIE development model and Dick & Carey development model. There are six step of the modified result: Analysis, Formulating Objective-Learning, Design, Development, and ImplementationEvaluation. Respondents involved in the research and development include one lecturer of English Language Proficiency, one lecturer of media expert, and one instructor og instructional design, and 37 students of calss V SD Guntur 03 Pagi Setiabudi. The results showed that Materials English Vocabulary Based On Total Physical Response Method For 5th Grade Students earned excellent appraisal. It can be proven from the average value of the overall expert review of 94%, the average evaluation of small group evaluation is 92,6% , the average field test is 94,7%, and the increase of pretest and post-test from the average score of 69 to 89, meaning that the product is very good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd, M.Si. 2). Dr. Edwita, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:19
Last Modified: 04 Apr 2022 06:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25777

Actions (login required)

View Item View Item