MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cempaka Putih Barat 03 pagi Jakarta Pusat)

FANI DWI CAHYANI, . (2017) MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cempaka Putih Barat 03 pagi Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FANI DWI CAHYANI_1815133347.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa melalui model pembelajaran inquiry dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cempaka Putih Barat 03 pagi Jakarta Pusat yang berjumlah 40 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, siklus pertama terdiri dari 3 pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 3 pertemuan. Berdasarkan hasil pengamatan kolaborator maka diperoleh data pada siklus I adalah 83,33% dari hasil pelaksanaan tindakan dalam penerapan model pembelajaran inquiry dan hasil sikap ilmiah siswa melalui angket pada siklus I diperoleh skor sikap ilmiah siswa >70 atau termasuk kategori tinggi adalah 80% dari jumlah siswa. Pada siklus II diperoleh hasil pemantau tindakan yaitu 96,67% dari pelaksanaan tindakan dengan penggunaan model pembelajaran inquiry dan dari hasil angket sikap ilmiah yang mendapat skor >70 atau termasuk kategori tinggi adalah 95% dari jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa dan kualitas pembelajaran di kelas IV SDN Cempaka Putih Barat 03 pagi Jakarta Pusat. Implikasi dari penelitian ini adalah model pembelajaran inquiry dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan guru untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA. This research aims to improve students scientific attitude through inquiry learning model in science learning at grade fourth elementary school. The subject of this research is the fourth grade students of SDN Cempaka Putih Barat 03 pagi Jakarta Pusat with totalling 40 students. This classroom action research is conducted using Kemmis and Mc Taggart models. This study was conducted in two cycles, the first cycle consisted of 3 meetings and the second cycle consisted of 3 meetings. Based on the results of observations collaborators then obtained data on the cycle I is 83.33% from the results of implementation of action in the application of inquiry learning model and the results of students scientific attitude through a questionnaire in the first cycle obtained a score of scientific attitudes students >70 or including high category is 80% of the total Students. On cycle II, the result of action monitoring is 96,67% from the implementation of action with the use of inquiry learning model and from the result of a scientific attitude questionnaire that got score >70 or including high category is 95% from the number of students. Based on the results of research can be concluded that the model of inquiry learning in science learning can improve students' scientific attitudes and learning quality in fourth grade SDN Cempaka Putih Barat 03 pagi Jakarta Pusat. The implication of this research is the inquiry learning model can be used as one of the learning model that can be applied by the teacher to improve the students scientific attitudes in science learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si. 2). Dr. Fahrurrozi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:35
Last Modified: 04 Apr 2022 06:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25786

Actions (login required)

View Item View Item