Survei Pendapat Guru Tentang Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Negeri Ujung Menteng 04 Pagi, Jakarta

FANY WULAN NENGRUM, . (2017) Survei Pendapat Guru Tentang Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Negeri Ujung Menteng 04 Pagi, Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (766kB)
[img] Text
Daftar tabel, gambar, grafik, lampiran.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (40kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (16kB)
[img]
Preview
Image
Lembar Pernyataan.jpg

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (256kB)
[img] Image
Lembar Pengesahan.jpg

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang pendapat guru terhadap penilaian autentik dalam pembelajaran tematik di SD Negeri Ujung Menteng 04 Pagi. Pendapat terhadap penilaian autentik yang dimaksud ialah ruang lingkup, jenisjenis serta tujuan (manfaat) penilaian autentik. Penilaian autentik adalah bentuk penilaian komprehensif mulai dari masukan (input), proses, dan keluaran (output) pada aspek kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang digunakan pada metode pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan angket dan observasi dokumen. Angket diisi oleh para guru kelas 1 sampai dengan 6 di SDN Ujung Menteng 04 Pagi. Observasi dokumen dilakukan di ruang guru SDN Ujung Menteng 04 Pagi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pendapat guru terhadap penilaian autentik secara khusus pada ruang lingkup, jenis-jenis serta manfaat yang dirasakan dalam pembelajaran tematik yang dilaksanakan di SDN Ujung Menteng 04 Pagi ialah sangat setuju. Untuk dapat melakukan penilaian secara baik perlu menggunakan instrumen penilaian yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki peserta didik agar dapat menghasilkan penilaian yang sebenar-benarnya. Maka sangat penting bagi guru untuk dapat mengembangkan instrumen penilaian dengan baik sesuai dengan tata cara dan prosedur yang sesuai dengan penilaian autentik. This research is aimed to get information about teacher’s opinion of authentic assesment on thematic learning in 04 Ujung Menteng primary public school. The opinion of authentic assesment refers to the scope, types and benefits of authentic assesment. Authentic assesment is a form of comprehensive assessment including input, process, and output on the character, knowledge and skill comptency that used on thematic learning method. The method used is survey method with questionnaires and observation document. Questionnaires filled out by grade one until six teachers of 04 Ujung Menteng primary public school. Observation document was conducted in the teacher’s room of 04 Ujung Menteng primary public school. The result shows that teacher’s opinion about authentic assesment especially on scope, types and benefits of applied authentic assesment on thematic learning at 04 Ujung Menteng primary public school is totally agree. The teacher need to use assesment tools that appropriate with student comptency to be able to do good assesment and make the real scoring. It is very important for the teachers to develop the assesment tools based on procedures of applied authentic assesment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar. 2). Retno Widyaningrum, S.sos, M.M.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:57
Last Modified: 04 Apr 2022 06:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25797

Actions (login required)

View Item View Item