PENGGUNAAN ALAT PRAKTIKUM SEDERHANA MENGGUNAKAN BARANG BEKAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT, NON ELEKTROLIT, DAN REDOKS KELAS X di SMAN 39 JAKARTA

DYAH TRI PITALOKA, . (2014) PENGGUNAAN ALAT PRAKTIKUM SEDERHANA MENGGUNAKAN BARANG BEKAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT, NON ELEKTROLIT, DAN REDOKS KELAS X di SMAN 39 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Minat belajar merupakan suatu motivasi instrinsik yang menjadi daya penggerak seseorang dalam melakukan aktivitas. Aktivitas tersebut merupakan proses pengalaman belajar yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan mendatangkan perasaan senang, suka, dan gembira. Jika minat belajar rendah maka tujuan pembelajaran akan sulit dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mempelajari materi larutan elektrolit, non elektrolit, dan redoks di kelas X SMA dengan menggunakan alat praktikum sederhana menggunakan barang bekas. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 6 SMAN 39 Jakarta yang berjumlah 36 siswa. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, kuisioner, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Pada siklus 1, peneliti menggunakan alat praktikum dari barang bekas untuk mengukur daya hantar listrik suatu larutan pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Hasil penerapan tindakan pada siklus 1 menunjukan bahwa minat belajar siswa meningkat jika dibandingkan dengan sebelum dilakukan tindakan. Namun pada siklus 1 masih terdapat kendala dalam pelaksanaan tindakan yang hasilnya kurang memaksimalkan upaya peningkatan minat belajar siswa. Pada siklus 2, peneliti mulai melakukan perbaikan dalam merancang tindakan untuk mengatasi kendala pada siklus 1. Tindakan yang dilakukan pada siklus 2 adalah melaksanakan praktikum menggunakan alat praktikum sederhana dari barang bekas untuk mengenalkan kepada siswa aplikasi redoks pada sel volta. Pelaksanaan tindakan pada siklus 2 dapat mengatasi kekurangan pelaksanaan pada siklus 1 dan sebagai hasilnya adalah minat belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Sukro Muhab,M.Si. ; 2). Dr. Afrizal M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 07 Jan 2020 09:47
Last Modified: 07 Jan 2020 09:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2580

Actions (login required)

View Item View Item