HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN PERSISTENCE DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI : STUDI KORELASI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI DI JAKARTA

FENNY ARDIANINGSIH, . (2017) HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN PERSISTENCE DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI : STUDI KORELASI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3415133078_Fenny Ardianingsih.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi khususnya gadget seperti handphone menjadi salah satu penyebab turunnya ketekunan siswa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Guru yang mengajar di sekolah mengeluh akan siswa yang tidak tekun dalam pembelajaran tersebut. Ketekunan siswa dapat diketahui dengan cara mempelajari self-efficacy. Oleh karena itu perlu dilakukannya penelitian hubungan antara self-efficacy dengan persistence dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Jakarta Utara pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei melalui studi korelasional. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA, dengan jumlah sampel 140. Berdasarkan perhitungan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov, maka didapatkan hasil yang menunjukan data berdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan homogenitas menggunakan rumus Bartlett, hal ini menandakan bahwa varians data homogen. Uji hipotesis menggunakan uji regresi diperoleh bahwa model regresi Ŷ = 45,311 + 0,161 X, artinya signifikan dan mempunyai hubungan yang linier. Hasil uji Pearson Product Moment diperoleh nilai korelasi sebesar 0,260. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,067. Berdasarkan koefisien determinasi yang telah didapat menyatakan bahwa self-efficacy siswa memberikan kontribusi terhadap persistence siswa sebesar 6,7% sedangkan 93,3% disebabkan oleh faktor lain. The development of technology, especially gadgets such as mobile phones affect the Persistence of students in learning process at school. Teachers who teach at school complained to students who are not diligent in learning. Student persistence can be known by learning Self-Efficacy. Therefore, the higher Self-Efficacy of student are equal to the stronger Persistence in learning. This research was conducted at SMA Negeri 13 in North Jakarta on second term in year 2016/2017. The type of research is quantitative with survey method by correctional studies. The subjects were students of XI grade science with 140 total sample. The result of normality data tested by Kolmogorov-Smirnov, then the result of the data is normal. Based on calculation using the formula of homogeneity of Bartlett, which means that the variance of the data homogeneous. Test hypotheses using a regression test is obtained that the regression model Ŷ = 45,311 + 0,161 X, that is significant and has a linear relationship. Test results of Pearson Product Moment correlation value obtained of 0,260. The calculation of the coefficient determination is obtained a value of 0,067. Based on the coefficient of determination that has earned, state that Self-Efficacy of students contributed to student Persistence of 6,7% whereas 93,3% are caused by other factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. I Made Putrawan 2) Dr. Mieke Miasryah, M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 00:59
Last Modified: 06 Apr 2022 00:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25818

Actions (login required)

View Item View Item