FIANI MONICA DEWI, . (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS EKSPERIMEN BIOGAS SEBAGAI SARANA MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi_Fiani Monica Dewi.pdf Download (3MB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (768kB) |
|
Text
Surat Keaslian Skripsi.pdf Download (0B) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar kimia berbasis eksperimen biogas sebagai sarana menanamkan nilai pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SMA Negeri 98 Jakarta kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan tahapan analisis kebutuhan, pengembangan produk, uji validasi produk oleh ahli, uji coba produk oleh peserta didik, dan revisi produk akhir. Produk yang dihasilkan adalah bahan ajar berupa buku pengayaan pengetahuan. Tahap pengembangan dilakukan penelitian percobaan biogas dengan cara sederhana sebagai dasar pembuatan bahan ajar. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi dan bahasa secara indikator keseluruhan memberikan persentase 90% dan persentase untuk ahli media sebesar 92,7% yang keduanya menunjukkan kategori sangat baik. Hasil perhitungan reabilitas oleh ahli materi, bahasa, dan media secara berturut-turut memiliki r sebesar 0,62; 0,70; 0,61 yang menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk kategori baik. Hasil uji coba bahan ajar kimia kepada peserta didik dilakukan pada kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil uji coba bahan ajar oleh peserta didik pada kelompok kecil secara indikator keseluruhan memberikan persentase 80,7% dengan kategori sangat baik. Uji coba bahan ajar oleh peserta didik pada kelompok besar memberikan hasil dengan persentase secara keseluruhan sebesar 80,1% menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, maka dapat disimpulkan bahan ajar kimia berbasis eksperimen biogas sebagai sarana menanamkan nilai pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan sudah baik dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia. This study aims to develop teaching materials chemistry biogas experimental-based as a means of inculcating the value of education for sustainable development. The study was conducted on the even semester of the academic year 2016/2017 at SMA Negeri 98 Jakarta class XI. The method used is a research and development with the stage needs analysis, product development, product validation test by experts, product testing by learners, and product revision. The resulting product is teaching materials. Development stage is biogas experiment research with simple way as basic of making of teaching materials. The results of the validity test by the material and language experts as a whole indicator gives a percentage of 90% and a percentage for the media expert of 92.7% both of which show very good category. The results of calculation of reliability by the material, language, and media experts in continued have r of 0.62; 0,70; 0,61 indicating that the developed teaching materials are good category. The results of experiments on chemistry to learners are done on small groups and large groups. The results of experimental teaching experiments developed by students in small groups as a whole indicator gives a very good percentage of 80.7%. Trial of teaching materials developed by learners in large groups gives the result with an overall percentage of 80.1% indicates that the developed teaching material has a very good category. Based on the results obtained, it can be concluded that biogas experimental based chemistry materials as a means of inculcating the value of education for sustainable development is good and feasible to be used in chemistry learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Maria Paristiowati, M.Si 2) Dr. Setia Budi, M.Sc |
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 01:05 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 01:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25820 |
Actions (login required)
View Item |