FIERDA ZAHARA JANNAH, . (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER FISIKA FLUIDA STATIS DALAM BENTUK POSTER PHOTOSCRAP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3215126550-FIERDA ZAHARA JANNAH.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran poster dalam bentuk photoscrap yang dapat digunakan untuk media pembelajaran materi pokok fluida statis untuk siswa SMA kelas X.. Poster yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah poster photoscrap yang terbuat dari bahan bahan daur ulang atau sampah . Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada rumusan Dick and Carey dengan tahapan : 1) Mengidentifikasi kebutuhan instruksional dan menulis tujuan intruksional umum 2) Analisis instruksional 3) Mengidentifikasi perilaku dan awal karakteristik peserta didik 4) Menulis tujuan instruksional khusus 5) Menyusun alat penilaian hasil belajar 6) Menyusun strategi instruksional 7) Mengembangkan bahan instruksional 8) Menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif . Poster ini telah melalui tahap uji validasi dengan persentase 81.25 % menurut ahli materi, 79.95% menurut ahli media, dan 94.85% menurut guru fisika SMA/MA yang diinterpretasikan sangat baik. Hasil uji terbatas terhadap peserta didik menunjukan presentase pencapaian sebesar 85.54% dari 5 aspek penilaian peserta didik terhadap poster yang dikembangkan. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba dapat disimpulkan bahwa poster fisika fluida statis dalam bentuk photoscrap telah memenuhi persyaratan sebagai media pembelajaran fisika SMA Kelas X. The aim of this research is to produce the learning media in the form of photoscrap as media on the subject of static fluid for students grade 10 in senior high school. Poster that has being developed in this research created from recycled material or scrap. The method which will be use in this research is a research and development (R&D) methods of Dick and Carey with steps as follow) : 1) Identified instructional methods and write down purposes of the general instructional , 2) instructional analysist, 3) identification Identified students early behavior and characteristic, 4) write down purpose of spesific instruction, 5) Design assesment tools, 6) Design instructional strategy, 7) Development instructional materials , 8) Design desain and implement formative evaluation,. This poster has been through a validation test phase with sucesfull percentage of 81,25% according to subject-matter expert, 79.95% according to media expert, and 94.85% according to physics teacher in senior high school, with very good interpretation. Limited assesment on developed poster on physics students shows the percentage results of 85.54% from 5 aspect of students assessment. Based on the result of the validation test, experiment, it can be concluded that the result of the development of fluid poster in form of photoscrap has been qualified as a media of learning physics for the ten grades.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Ir Vina Serevina, MM 2) Prof. Dr. I Made Astra M.Si |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 01:09 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 01:09 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25823 |
Actions (login required)
View Item |