UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DI KELAS VII-2 SMP NEGERI 47 JAKARTA

FIRDA NURUL AINI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DI KELAS VII-2 SMP NEGERI 47 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II .pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
ABSTRAK (Bahasa Indonesia).pdf

Download (87kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRACT (English).pdf

Download (87kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (83kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN 09-Aug-2016 09-11-16.pdf

Download (833kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (485kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa melalui penerapan pembelajaran menggunakan strategi REACT di kelas VII-2 SMP Negeri 47 Jakarta. Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes kemampuan awal koneksi matematis siswa yang dilakukan di kelas VII-2 SMP Negeri 47 Jakarta, terlihat bahwa kemampuan koneksi matematis siswa masih rendah, sehingga kemampuan tersebut perlu ditingkatkan. Penerapan strategi REACT dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Pembelajaran menggunakan strategi REACT terdiri dari lima kegiatan, yaitu: Kegiatan relating (mengaitkan), experiencing (mengalami), applying (menerapkan), cooperating (bekerja sama), dan transfering (mentransfer). Kelima kegiatan ini jika diterapkan dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa melalui penerapan pembelajaran menggunakan strategi REACT di kelas VII-2 SMP Negeri 47 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan pembelajaran menggunakan strategi REACT. Siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini berlangsung dari bulan Mei hingga Juni 2016 di kelas VII-2 SMP Negeri 47 Jakarta tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 36 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan strategi REACT dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa, hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata tes akhir tiap siklus. Nilai rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII-2 pada prapenelitian adalah 38,5, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 65,14, pada siklus II menjadi 69,44, dan pada siklus III menjadi 75,42. Jumlah siswa yang nilai tes kemampuan koneksi matematisnya mencapai atau melebihi KKM juga mengalami peningkatan. Jumlah siswa yang mencapai atau melebihi KKM pada tes prapenelitian hanya berjumlah tiga orang (8,33%), siklus I jumlahnya meningkat menjadi 16 orang (44,44%), siklus II meningkat menjadi 24 orang (66,67%), dan pada siklus III meningkat menjadi 29 orang (80,05%). This research aims to improve students' mathematical connection abilities through the implementation of REACT Strategy in class VII-2 SMP Negeri 47 Jakarta. Based on observations and the results of preliminary tests conducted mathematical connection abilities in class VII-2 SMP Negeri 47 Jakarta, showed the ability of mathematical connection at the low category, so the ability should be enhanced. Implementation of REACT Strategy can be used as an alternative learning in the classroom. Learning use REACT Strategy consists of five activities, namely: Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering. The fifth of these activities if applied in teaching mathematics can improve the ability of mathematical connection. This classroom action research held in three cycles, each cycle consisting of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. Each cycle held learning by applying REACT Strategy. Students are given a final test cycle to measure students' mathematical connection abilities. The research held from may to June 2016 in class VII-2 SMP Negeri 47 Jakarta school year 2015/2016, with 36 students. The results showed learning mathematics through the implementation of REACT Strategy can improve students' mathematical connection abilities. It is shown by an increase in the average score of mathematical connection ability test. The average score of the final test of students in class VII-2 on pre cycle is 38.5, first cycle increased to 65.14, second cycle increased to 69.44 and third cycle increased to 75.42. The number of students who score of mathematical connection ability reaching out or exceeding the KKM also increased. Pre cycle there are three students (8.33%), first cycle increased to 16 students (44.44%), second cycle increased to 24 students (66.67%), and third cycle increased to 29 students (80.5%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Suprakarti, M.Pd 2) Puspita Sari, S.Pd, M.Sc
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:14
Last Modified: 06 Apr 2022 01:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25825

Actions (login required)

View Item View Item