DIMAS RISQI FAJAR, . (2017) EFEKTIVITAS GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK (Studi di SMP Negeri 49 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Dimas Risqi Fajar-4115133795.pdf Download (2MB) |
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (348kB) |
|
Text
Lembar Orisinalitas.pdf Download (282kB) |
|
Text
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf Download (224kB) |
|
Text
Lembar Keterangan Melakukan Penelitian.pdf Download (417kB) |
|
Text
Lembar izin melakukan penelitian.pdf Download (427kB) |
|
Text
Surat persetujuan validitas expert.pdf Download (352kB) |
|
Text
Lembar surat izin expert.pdf Download (410kB) |
Abstract
Membaca merupakan kegiatan yang penting dilakukan oleh seorang pelajar. Namun sayangnya minat membaca masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Perlu adanya suatu gerakan untuk menumbuhkan minat membaca masyarakat Indoesia. Gerakan Literasi Sekolah hadir untuk menjawab permasalahan tersebut. Gerakan Literasi Sekolah adalah gerakan upaya yang ditempuh untuk mewujudkannya pembiasaan membaca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mecari tau apakah Gerakan Literasi Sekolah efetiv meningkatkan minat membaca peserta didik. Skripsi ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 49 Jakarta. Subjek penelitian adalah peserta didik SMP Negeri 49 Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, penyebaran angket, studi dokumentasi, dan wawancara yang dilakukan dengan key informan yaitu penanggung jawab penerapan program Gerakan LiterasI Sekolah SMP Negeri 49 Jakarta. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa Gerakan Literasi Sekolah efektiv meningkatkan minat membaca peserta didik SMP Negeri 49 Jakarta. Penerapan program Gerakan Literasi Sekolah memiliki dampak positif bagi peserta didik, diantaranya adalah meningkatkan minat membaca peserta didik. Karena pembiasaan membaca, peserta didik menjadi terbiasa untuk membaca bahan bacaan yang terdapat di sekitarnya. Membaca bukan lagi merupakan kegiatan yang membosankan melainkan kegiatan yang menyenangkan. Reading is an important activity carried out by student a student. But unfortunately, the public interest at Indonesia still low. School Literacy Program present to answer these problems. School Literacy Program is a movement of efforts taken to make it a habit of reading learners. This movement seeks to familiarize learners to read at any time. This study aims to find out whether the School Literacy Program efetiv increase interest in reading students. This study research is to find out how the School Literacy Program can improving reading interest of students. The thesis uses descriptive method with qualitative approach. This research was conducted at 49 Junior High School. The subjects of the study were students of 49 Junior High School. Data collection was done by observation, questionnaire, documentation study, and interviews conducted with key informant that is responsible for the implementation of School Literacy Prgoram of 49 Junior High School. The result of the research that has been conducted shows that the Effective School Literacy Program raises interest in reading the students of 49 Junior High School. Implementation of School Literacy Program has a positive impact for learners, such as improving interest in reading learners. Because the reading habitution, learners become accustomed to reading the reading material contained in the vicinity. Reading is no longer a boring activity but a fun activity.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Achmad Husen, M.Pd. 2) Ibu Irawaty, Ph.D |
Subjects: | Ilmu Politik > Pancasila |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 01:31 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 01:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25827 |
Actions (login required)
View Item |