PENGARUH KEGIATAN LABORATORIUM BERBASIS MODEL 5E TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI ASAM BASA

FIRZA LUTHFIA ADLINA, . (2017) PENGARUH KEGIATAN LABORATORIUM BERBASIS MODEL 5E TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FIRZA LUTHFIA ADLINA_3315130914.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan laboratorium berbasis model 5E terhadap pemahaman konsep siswa pada materi asam basa. Penelitian dilakukan di SMAN 76 Jakarta pada semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga didapat dua kelas yaitu XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa kegiatan laboratorium berbasis model 5E (engagement, exploration, explanation, elaboration, and evaluation), sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan kegiatan laboratorium tanpa berbasis model 5E. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal posttest yang berupa tes pemahaman konsep siswa, terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 3 soal esai. Rata-rata hasil tes kelas eksperimen adalah 65,01 sedangkan rata-rata hasil tes kelas kontrol adalah 51,28. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistika nonparametik uji Mann-Whitney, menunjukkan hasil bahwa nilai Zhitung = 1,51 lebih kecil dari Ztabel/α= 1,64 atau Zhitung<Ztabel. Artinya, penerapan kegiatan laboratorium berbasis model 5E berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep siswa pada materi asam basa. This research aims to determine the effect of laboratory activities based on 5E model against student’s concept understanding on acid-base material. This research was conducted in senior high school of 76 Jakarta in the even semester. The method of this research was experiment research. The sample of this research taken by purposive sampling technique, so that got two classes that were XI MIA 3 as experiment class and XI MIA 1 as control class. Experimental class was given treatment in the form of laboratory activity based on model 5E (engagement, exploration, explanation, elaboration, and evaluation), while for control class using laboratory activity without based on 5E model. The instrumen used in the research was a posttes question in the form of student's concept comprehension tes, consisting of 20 multiple choices question and 3 essays question. The average of experimental class tes result was 65.01 while the average of control class tes result was 51.28. Data obtained was analyzed using non-parametric statistics Mann-Whitney tes, showed the result that value of Zcount = 1.51 smaller than Ztable/α = 1.64 or Zcount<Ztable. That is, implementation of 5E model based laboratory activity has a positive effect against student’s concept understanding on acid-basa material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra.Tritiyatma H., M.Si 2) Irma Ratna K., M.Sc, Tech
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:23
Last Modified: 06 Apr 2022 01:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25829

Actions (login required)

View Item View Item