MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN HILIR 01 PAGI JAKARTA PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas)

MAUDY FEBRIYANTI RAMADHAN, . (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN HILIR 01 PAGI JAKARTA PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VB di SD Negeri Bendungan Hilir 01 Pagi Jakarta Pusat dengan jumlah 25 siswa. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, pengamatan, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan persentase hasil pemantau tindakan aktivitas guru pada siklus I pertemuan I adalah 60%; siklus I pertemuan II adalah 65%; dan siklus I pertemuan III adalah 75% meningkat pada siklus II pertemuan I menjadi 75%; siklus II pertemuan II menjadi 75%; dan siklus II pertemuan III menjadi 85% serta hasil pemantau tindakan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I adalah 65%; siklus I pertemuan II adalah 70%; dan siklus I pertemuan III adalah 70% meningkat pada siklus II pertemuan I menjadi 75%; siklus II pertemuan II menjadi 80%; dan siklus II pertemuan III menjadi 85%. Sedangkan kemampuan berpikir logis siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mencapai 68% dan meningkat pada siklus II sebesar 20% menjadi 88% dari jumlah keseluruhan siswa yang mendapat nilai ≥ 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir logis dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapat meningkat melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ir. Arita Marini, ME 2) Drs.Waluyo Hadi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Jan 2020 09:45
Last Modified: 07 Jan 2020 09:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2583

Actions (login required)

View Item View Item