PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS VII (Studi Eksperimen di SMP Daya Utama Kota Bekasi)

DINA MARIYANA, . (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS VII (Studi Eksperimen di SMP Daya Utama Kota Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI DINA MARIYANA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh interaksi belajar yang rendah dan daya serap peserta didik yang kurang maksimal. Selain hal tersebut lebih spesifik lagi masalah utamanya adalah kecerdasaan emosional siswa yang rendah pada saat proses belajar dikelas VII di SMP Daya Utama Kota Bekasi. Strategi pembelajaran yang kurang mendukung untuk interaksi belajar di kelas yang menyebabkan pelajaran PPKn cenderung membosankan. Oleh karena itu peneliti tertarik menggunakan strategi pembelajaran Question Student Have untuk meningkatkan kecerdasaan emosional belajar siswa dikelas. Tujuan penelitian ini adalah pengaruh dalam meningkatkan kecerdasaan emosional belajar siswa melalui strategi pembelajaran Question Student Have di SMP Daya Utama Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Daya Utama Kota Bekasi yang kemudian dipilih 2 kelas untuk dijadikan sampel lalu terpilihlah kelas VII.1sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII.2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas memiliki jumlah siswa 36 orang. penelitian ini dilaksanakan kurang lebih selama satu bulan yakni dari bulan maret sampai dengan mei 2017. Hasil penelitiannya dapat diinterpretasikan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan strategi pembelajaran Question Student Havedapat membantu mempermudah siswa dalam meningkatkan kecerdasaan emosional dan kreatifitas siswa lebih terlihat, dan interaksi antar sesama teman berjalan lebih hidup. Karena dalam pelaksanaannya proses pembelajaran dengan strategi pembelajaran Question Student Have , siswa aktif membuat pertanyaan akan pelajaran yang dibutuhkan sehingga kemampuan yang dimiliki tergali secara maksimal dan memperoleh pengetahuan, keterampilan. This research are based on low learning interaction and absorption of learners that less than the maximum. In addition to this more specifically the main problem is the low emotional intelligence of students at the time of learning process in class VII at Daya Utama JHS Bekasi City. The less strategies to supportive learning for classroom learning interactions that lead to civic education being boring. Therefore researchers interested in using the based learning strategy Question Student Have to improve students' emotional intelligence in class. The purpose of this study is the influence in improving students' emotional intelligence through learning strategy Question Student Have at Daya Utama JHS Bekasi City. This research uses quasi experimental research method. The population of this research are class VII at Daya Utama JHS Bekasi City which then selected 2 classes to be sampled then selected class VII.1 as experimental class and Class VII.2 as control class which each class have 36 student number. This study was conducted approximately for one month ie from March to May 2017. The results of this research can be interpreted that the based learning strategy Question Student Have can help students in improving the emotional intelligence and creativity of students more visible, and interaction among peers walk more alive. Because in the implementation of the learning process with the based learning strategy Question Student Have, students actively make inquiries will be required lessons so that the ability possessed maximally and acquired knowledge, skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Sarkadi, M.Si 2) Dwi Afrimetty Timoera, SH, MH
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:34
Last Modified: 06 Apr 2022 01:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25832

Actions (login required)

View Item View Item