PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN MODEL PROBLEM POSING DI SMPN KECAMATAN RAWALUMBU

FRESTI ANGGRAENI, . (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN MODEL PROBLEM POSING DI SMPN KECAMATAN RAWALUMBU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (197kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dibandingkan siswa yang belajar menggunakan model problem posing. Penelitian ini dilakukan di sebuah SMPN yang berada di Kecamatan Rawalumbu pada kelas VII semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan materi pokok segi empat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan pengambilan sampel menggunakan teknik two stage sampling. Stage pertama menggunakan random sampling yaitu memilih salah satu dari empat SMPN yang berada di kecamatan Rawalumbu secara acak (random). Sedangkan stage kedua menggunakan cluster random sampling yaitu memilih dua kelas secara acak dari tiga kelas yang telah diuji prasyarat analisis data sebelum perlakuan disimpulkan ketiga kelas berdistribusi normal, memiliki varians yang sama (homogen), dan memiliki kesamaan rata-rata yang selanjutnya ditetapkan sebagai kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah 4 butir tes akhir kemampuan komunikasi matematis pada materi pokok segi empat yang berbentuk uraian. Sebelum digunakan dan diberikan kepada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II sebagai tes akhir, telah diuji beberapa macam validitas instrumen yaitu validitas isi, validitas konstruk, dan validitas empiris. Instrumen penelitian juga telah diuji reliabilitasnya dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,806 yang berada pada kategori tinggi. Setelah diberikan perlakuan, kedua kelas eksperimen telah dilakukan uji prasyarat analisis data dan diperolah kesimpulan bahwa kedua kelas eksperimen yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama (homogen). Oleh karena kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama maka pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan syarat varians sama. Statistik uji-t dilakukan dengan menggunakan taraf signifikansi a=0,05. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai thitung=2,156 dan t tabel=1,668. oleh karena thitung>t tabel maka diperoleh keputusan tolak H0 dan disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dibandingkan siswa yang belajar menggunakan model problem posing di SMPN Kecamatan Rawalumbu. The purpose of this study is to know that the mathematical communication ability of students who learn to use cooperative model type Numbered Heads Together (NHT) better than students who learn to use Problem Posing model. This research was conducted at a SMPN located in District Rawalumbu in class VII even semester of academic year 2016/2017 with the subject matter of rectangle. This research uses quasi experimental research method with sampling using two stage sampling technique. The first stage using random sampling is choosing one of the four SMPN located in the district Rawalumbu randomly. While the second stage using cluster random sampling is choosing two classes randomly from the three classes that have been tested prerequisite analysis of the data before the treatment is concluded third class normal distribution, have the same variance, and have the average equation which then set as experimental class I and class Experiment II. Instrument used in this research is 4 item of final test of mathematical communication ability on rectangular subject matter in the form of description. Before being used and given to the experimental class I and class II, as a final test experiment, it has been tested several kinds of instrument validity is content validity, construct validity and empirical validity. The research instrument has also been tested its reliability by using Alpha Cronbach formula and obtained reliability coefficient of 0.806 which is in high category. After being given the treatment, both classes of experiments have been conducted data analysis prerequisite test and obtained the conclusion that both the experimental class is experimental class I and class II experiment comes from a normal distributed population and have the same variance. Since the two classes are normally distributed and have the same variance, the hypothesis testing of the study is performed using t-test statistic with the same variance requirement. The test-t statistic is performed using the significance level a=0,05. Based on the calculation results, obtained value tcount= 2,156 and t table= 1,668. Therefore tcount>t table hence obtained decision H0 deny and concluded that mathematical communication ability of student who learn to use model cooperative type Numbered Heads Together (NHT) better than student learn to use Problem Posing model in SMPN Kecamatan Rawalumbu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Anton Noornia, M.Pd 2) Dwi Antari Wijayanti, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:51
Last Modified: 06 Apr 2022 01:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25837

Actions (login required)

View Item View Item