PENGEMBANGAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) CALON GURU KIMIA MENGGUNAKAN CONTENT REPRESENTATION (CoRe) FRAMEWORK dan PEDAGOGICAL AND PROFESSIONAL- EXPERIENCE REPERTORIES (PaP-eRs) PADA PEMBELAJARAN KIMIA

GALUH PUTRI ERIKA WATI, . (2016) PENGEMBANGAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) CALON GURU KIMIA MENGGUNAKAN CONTENT REPRESENTATION (CoRe) FRAMEWORK dan PEDAGOGICAL AND PROFESSIONAL- EXPERIENCE REPERTORIES (PaP-eRs) PADA PEMBELAJARAN KIMIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI GALUH PUTRI ERIKA WATI (3315126590).pdf

Download (6MB)

Abstract

Calon guru masih belum memiliki pengalaman untuk melakukan pembelajaran di dalam kelas. Ini menyebabkan calon guru masih memiliki PCK yang rendah dibandingkan dengan guru berpengalaman. Calon guru dapat berkolaborasi dengan guru berpengalaman menggunakan CoRe (Content Representation) Framework dan Pedagogical and ProfessionalExperience Repertoires (PaP-eRs) untuk meningkatkan PCK calon guru. Metode penelitian yang digunakan adalah Interpretive Research dan paradigma penelitian yang digunakan adalah Interpretivism Paradigm. Metode ini digunakan untuk menganalisa data-data yang diperoleh yakni wawancara dengan guru, lembar observasi guru, CoRe Framework guru, jurnal reflektif siswa, jurnal reflektif calon guru, dan rubrik sebagai instrumen dalam mengukur pengembangan PCK. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 70 Jakarta dan SMA Islam Al-Azhar 3 Jakarta. Subjek penelitian adalah 2 guru kimia berpengalaman, peneliti, dan 35 siswa kelas XI MIPA 2. Materi pembelajaran kimia yang diberikan kepada siswa yaitu materi larutan penyangga. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran pada materi larutan penyangga memerlukan review materi asam-basa, dan kesetimbangan kimia. Metode pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas dapat disesuaikan dengan karakteristik siswa, waktu, sarana dan prasarana, serta karakteristik materi. PCK calon guru akan semakin berkembang seiring dengan banyaknya pengalaman mengajar. Oleh karena itu calon guru diharapkan untuk berkolaborasi dengan guru berpengalaman agar mendapatkan banyak informasi dan pengalaman mengajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Tritiyatma H., M.Si 2) Dr. Maria Paristiowati, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:03
Last Modified: 06 Apr 2022 02:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25843

Actions (login required)

View Item View Item