GITA SULISTIANINGRUM, . (2016) PENGARUH GAYA BELAJAR DAVID KOLB (DIVERGER, ASSIMILATOR, CONVERGER, ACCOMMODATOR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_3415122170_GITA SULISTIANINGRUM.pdf Download (10MB) |
Abstract
Gaya belajar merupakan cara yang kompleks dimana seseorang merasa paling efektif dan efisien dalam proses belajar. David Kolb membagi gaya belajar menjadi empat kelompok yaitu diverger, assimilator, converger, dan accommodator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar David Kolb (diverger, assimilator, converger, accommodator) terhadap hasil belajar siswa pada materi Pencemaran Lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 105 Jakarta pada bulan April – Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Ex Post Facto dengan teknik survei. Penentuan jumlah sampel untuk tiap gaya belajar yaitu berdasarkan kelompok gaya belajar yang memiliki jumlah siswa paling kecil. Jumlah sampel yang digunakan untuk tiap gaya belajar adalah 11 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar yang berbeda antara keempat gaya belajar. Uji prasyarat analisis menunjukan data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan ANAVA satu arah diketahui bahwa pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik memiliki Fhitung > Ftabel, oleh karena itu tolak H0 pada taraf signifikansi 0,05. Hal itu berarti terdapat pengaruh gaya belajar David Kolb (diverger, assimilator, converger, accommodator) terhadap hasil belajar siswa pada materi Pencemaran Lingkungan. Learning style is a complex way that someone feels most effective and efficient in learning. David Kolb divides learning style into four groups, there are diverger, assimilator, converger, and accommodator. The research aimed to know the influence of David Kolb’s learning style (diverger, assimilator, converger, accommodator) to students learning outcomes in Environmental Pollution. This research was conducted at 105 Senior High School of Jakarta on April - May 2016. The method that used in this research was Ex Post Facto with survey technique. The sample determination for each groups based on learning style that have less number of students. The sample that used for each learning style groups was 11 students. Based on this research, these four learning styles have different average learning outcome. Prerequisite test showed that data normally distributed and homogenously. Based on the hypothesis test used one-way ANOVA, known that cognitive, affective, and psychomotor learning outcomes have Fcount > Ftable, so that H0 was rejected on 0,05 significant level. It means there is influence of David Kolb’s learning style (diverger, assimilator, converger, accommodator) to students learning outcomes in Environment Pollution.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Eka Putri Azrai, S.Pd., M.Si 2) Dra. Ernawati, M.Si |
Subjects: | Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 02:40 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 02:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25855 |
Actions (login required)
View Item |