DESIGN RESEARCH: PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI SMPN 49 JAKARTA

HANA FIRDAUS, . (2016) DESIGN RESEARCH: PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI SMPN 49 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
ABSTRAK ENG.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BIODATA.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (84kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (0B)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (565kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (211kB)

Abstract

Kemampuan Koneksi matematis merupakan hal yang penting namun siswa yang dapat menguasai konsep matematika tidak dengan sendirinya pintar. Siswa mampu mendaftar konsep-konsep matematika yang terkait dengan masalah riil, tetapi hanya sedikit siswa yang mampu menjelaskan mengapa konsep tersebut digunakan dalam perbandingan senilai. Tidak hanya konsep saja yang akan ditingkatkan pada perbandingan senilai, tapi juga bagaimana siswa mengoneksikan konsep-konsep tersebut dalam memecahkan masalah pada pelajaran perbandingan senilai. Penelitian ini menyajikan serangkaian kegiatan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk melakukan matematisasi pada situasi kontekstual dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Serangkaian kegiatan ini merupakan lintasan belajar dalam mengembangkan kemampuan koneksi matematis pada perbandingan senilai. Design research dipilih sebagai sarana yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Design research bertujuan untuk mengembangkan teori mengenai bagaimana proses belajar siswa dan bagaimana cara untuk mendukung proses belajar. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan pada penelitian ini, yaitu tahap desain penelitian, eksperimen pembelajaran, dan analisis retrospektif. Konteks yang digunakan berkaitan dengan peristiwa yang terjadi pada kehidupan seharihari yaitu menumpuk piring dan peristiwa saat mobil dari arah yang berlawanan berpapasan satu sama lain. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 49 Jakarta, Jakarta Timur dengan melibatkan 36 siswa dimana enam siswa diantaranya dipilih sebagai subjek penelitian. Hasil analisis retrospektif pada data eksperimen pembelajaran menunjukkan bahwa serangkaian kegiatan pembelajaran ini dapat mengembangkan kemampuan pemahaman koneksi matematis sehingga siswa dapat mengoneksikan permasalahan pada perbandingan senilai dengan kehidupan sehari-hari, koneksi matematis dengan pelajaran matematika lainnya, dan koneksi matematis dengan pelajaran selain matematika. Konteks yang digunakan mampu menjembatani pengetahuan matematika informal siswa kepada pengetahuan matematika formal. Lintasan pembelajaran pada penelitian ini berjalan dengan baik sehingga dapat digunakan pada pembelajaran di sekolah. Mathematical connections are important but students who can master the mathematical concept is not in itself good. Students are able to apply mathematical concepts related to real problems, but only a few students were able to explain why the concept is used in the comparison worth. Not only was the concept will be enhanced in comparison worth, but also how students mengoneksikan these concepts in solving problems in comparison subjects worth. This study presents a series of learning activities that allow students to perform mathematical on contextual situations using Problem Based Learning model (PBL). A series of these activities is the path of learning in developing the mathematical connection capability is no comparison worth. Design research selected as an appropriate means to achieve the goal of learning. Design research aims to develop a theory of how the process of student learning and how to support the learning process. There are three stages in this research, namely the design phase of research, experimental learning, and retrospective analysis. Context used in connection with the events of the everyday life that accumulate plate and the current events of awarah opposite car passed each other. This research was conducted in SMP Negeri 49 Jakarta, East Jakarta, involving 36 students where six students were selected as research subjects. The results of a retrospective analysis of the experimental data shows that learning a series of learning activities can develop the ability of understanding mathematical connections so that students can mengoneksikan problems in comparison with the worth of daily life, mathematical connections with other mathematical subjects, and mathematical connection with subjects other than mathematics. Context that is used to bridge the informal mathematical knowledge of students to the formal mathematical knowledge. Learning trajectories in this study went so well that it can be used in learning at school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Anton Noornia, M.Pd 2) Aris Hadiyan Wijaksana, M. Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:17
Last Modified: 06 Apr 2022 03:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25868

Actions (login required)

View Item View Item