PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ANDROID DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TENTANG KONSEP METABOLISME

HANA LESTARI, . (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ANDROID DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TENTANG KONSEP METABOLISME. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Tesis Hana Lestari (3436159123).pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis android dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang konsep metabolisme. Sumber belajar berbasis android memberikan sajian materi dengan mengkombinasikan beberapa media pembelajaran (audio, video dan teks) yang dapat memvisualisasikan materi yang abstrak menjadi lebih konkret, sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMA Taruna Andigha Bogor. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall 2007. Desain pengembangan bahan ajar ini menggunakan desain instruksional Dick & Carey 2009. Penelitian ini melibatkan 80 peserta didik kelas XII MIPA, SMA Taruna Andiga sebagai kelompok perlakuan dan SMA Bina Insani sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes pemahaman bentuk pilihan ganda. Tes pemahaman di uji validitas menggunakan point biserial dan uji reabilitas menggunakan KR-20. Digunakan t-test sebanyak 4 kali pada (α:0,05) yaitu : (1) t test pre test dengan post test kelompok perlakuan, (2) t test pre test dengan post test kelompok kontrol, (3) t test post test kelompok perlakuan dengan post test kelompok kontrol, (4) t test gain skor kelompok perlakukan dengan kontrol. t tes ini dilakukan untuk memverifikasi pengembangan bahan ajar berbasis android pada materi metabolisme. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) bahan ajar android yang layak sebagai sumber belajar pada proses pembelajaran, (2) bahan ajar berbasis android efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang konsep metabolisme. This study aimed at to developing android-based instructional materials in improving learners' understanding of the concept of metabolism. Android-based learning resources provide a material presentation by combining several learning media (audio, video and text) that can visualize abstract material to be more concrete, so as to enhance the understanding of learners. This research was conducted in SMA Taruna Andigha Bogor. This research uses research and development (R & D) based on Borg & Gall 2007 development model. This instructional material development design using instructional design of Dick & Carey 2009. This research involves 80 students of XII Class MIPA, Taruna Andiga High School as treatment group and SMA Bina Insani as a control group. The research instrument used a multiple choice form understanding test instrument. The comprehension test is validity test using biserial point and reliability test using KR-20. Used t-test 4 times at (α: 0,05): (1) t test pre test with post test of treatment group, (2) t test pre test with post test of control group, (3) t test post test Treatment group with post test of control group, (4) t test gain of treatment group score with control. t tests were conducted to verify the development of android-based instructional materials on metabolic materials. Based on the result of the research, it can be concluded that: (1) decent android teaching materials as learning resources in learning process, (2) instructional materials based on android effective in improving learners understanding about metabolism concept.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Diana Vivanti S., M.Si 2) Dr. Mieke Miarsyah, M.Si.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:21
Last Modified: 06 Apr 2022 03:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25872

Actions (login required)

View Item View Item