Pengembangan Student Worksheet Bahasa Inggris Berbasis metode Total Physical Response (TPR) Untuk Kelas III Sekolah Dasar

FEBY RESTU DYASTIKA, . (2017) Pengembangan Student Worksheet Bahasa Inggris Berbasis metode Total Physical Response (TPR) Untuk Kelas III Sekolah Dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-FEBY RD-1815130336.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan student worksheet bahasa Inggris berbasis metode Total Physical Response (TPR) . Proses pengembangan ini secara garis besar melalui beberapa tahapan menggunakan model pengembangan instruksional oleh Prof. M. Atwi Suparman diantaranya analisis kebutuhan di sekolah dasar, melakukan penyusunan pengembangan, uji coba student worksheet yang telah disusun dan evaluasi. Materi yang dimasukkan dalam student worksheet ini adalah materi Bahasa inggris kelas III semester dua yaitu family members dan food and drink. Sebelum dilakukan uji coba di sekolah dasar, student worksheet divalidasi oleh tiga orang dosen ahli. Student woeksheet yang dikembangkan ini berisi beberapa kegiatan yang dikemas secara menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik siswa kelas tiga sekolah dasar. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa student worksheet bahasa Inggris berbasis metode Total Physical Response (TPR) mempunyai kualitas yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian oleh siswa dan juga hasil nilai siswa setelah menggunakan student worksheet ini. The development of this research is to produce student worksheet based on Total Physical Response (TPR) method. The steps of this research and the development consisted of; (1) need analysis, (2) arranging and designing, (3) operasional testing and evaluation and revition. The topic of this student worksheet is English subject at second semester for third grade elementary student, family members and food and drink. This research is based on instructional design procedure by Prof. Atwi Suparman. This student worksheet designed with fun learning tasks and accordance with the characteristic of third grade elementary student. The result of this research and development conclude that student worksheet can be used for third grade of elementary school student. It showed by score from post test after use this student worksheet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Herlina, M.Pd. 2). Drs. Waluyo Hadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:36
Last Modified: 06 Apr 2022 03:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25876

Actions (login required)

View Item View Item