HANI ANGGRAENI, . (2017) PENGARUH RECIPROCAL TEACHING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN 102 JAKARTA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (0B) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir yang menggunakan proses analisis dan proses evaluasi terhadap informasi yang didapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Reciprocal Teaching dan Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMAN 102 pada Materi Sistem Reproduksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 102 Jakarta pada bulan Mei-Juni tahun 2017. Metode yang digunakan yaitu, metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini berjumlah 99 peserta didik kelas XI MIA dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah post-test dengan tes objektif berupa pilihan ganda. Perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik dianalisis menggunakan uji Anava satu arah didapat hasil nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,001 maka tolak Ho pada α=0,05 yang berarti ada pengaruh positif Reciprocal Teaching dan Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMAN 102 pada materi sistem reproduksi. Uji lanjutan digunakan Uji Tuckey didapat hasil RT terhadap PBL sebesar 0,064 > 0,05, RT terhadap STAD sebesar 0,000 < 0,05 dan PBL terhadap STAD sebesar 0,200 > 0,05. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Reciprocal Teaching dan Problem Based Learning terdapat pengaruh meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem reproduksi. Critical thinking ability is one of the thinking skills which uses various analysis and evaluation process for the information obtained. This study aimed to determine the effect of reciprocal teaching and problem-based learning on the ability of critical thinking of students in SMAN 102 on reproduction system topic. This research was conducted at SMA Negeri 102 Jakarta in May-June 2017. The method used was quasi-experimental method. There were 85 subjects from students of class XI MIA obtained by simple random sampling technique. The instrument used were post-test with objective test in the form of multiple choice. The difference of critical thinking ability of students analyzed by one way Anova test showed the result of significance value less than 0.05 which was 0.001 thus Ho reject at α = 0,05. The result indicated that there was positive influence of reciprocal teaching and problem based learning to critical thinking ability of students of SMAN 102 on reproduction system topic. Advanced test used tuckey test results RT to PBL of 0,064 > 0,05, RT to STAD of 0,000 < 0,05 and PBL to STAD of 0,200 > 0,05. This study concluded that the application of learning reciprocal teaching and problem-based learning can influence improve students' critical thinking skills on the subjects of material reproduction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Rusdi, M.Biomed 2) Ns. Sri Rahayu, M.Biomed |
Subjects: | Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 03:59 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 03:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25879 |
Actions (login required)
View Item |