PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Studi Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Jakarta)

Muhamad Dinar, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Studi Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (36MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf

Download (31MB)
[img] Text
SKRIPSI (Muhamad Dinar 4915122552).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media video berpengaruh terhadap hasil belajar IPS di SMP Negeri 8 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Jakarta dengan sampel kelas VII. Sampel penelitian diambil secara purposive random sampling yang dilakukan secara acak dengan pertimbangan tertentu. Penelitian ini mengunakan metode quasi eksperimental yaitu untuk mengetahui pengaruh dari perlakuan (treatment) yang dilakukan berupa penggunaan media video terhadap hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data dengan melakukan tes awal (pre-test), dan tes akhir (post-test). Setelah data terkumpul, maka langkah selanjutnya uji prasyarat analisis dilanjutkan dengan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan uji normalitas menggunakan Uji Liliefors dan uji homogentitas mengunakan Uji Fisher menunjukan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,604 > 1,995) pada materi kegiatan ekonomi dan pemanfaatan potensi sumber daya alam dengan taraf signifikan 0,05 yang artinya hipotesis Ha diterima. Hasil ini menunjukan bahwa media video memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Jakarta. Hal ini dapat terlihat dari banyak siswa yang tertarik dan aktif dalam proses pembelajaran setelah diberi perlakuan mengunakan media video sehingga hasil belajar yang diperoleh baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Muhammad Muchtar, M.Si ; 2). Dian Alfia Purwandari, S.E., M.Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 07 Jan 2020 11:16
Last Modified: 07 Jan 2020 11:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2588

Actions (login required)

View Item View Item