MINAT BELAJAR MAHASISWA PROGRAM KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2015 TERHADAP MATA KULIAH TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (Survey pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Ekonomi)

FENNA IRENA NINGRUM, . (2017) MINAT BELAJAR MAHASISWA PROGRAM KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2015 TERHADAP MATA KULIAH TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (Survey pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Ekonomi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_Minat Belajar Mahasiswa Program Kependidikan UNJ Ter.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Jakarta terhadap mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa kependidikan yang telah mengikuti mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran pada semester 105. Sampelnya adalah 15% dari seluruh mahasiswa yang diambil secara random dari setiap fakultas. Data penelitian diperoleh menggunakan kuesioner adaptasi. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari Study Interest Questionnaire (SIQ) yang disusun oleh Schiefele, U., Krapp, A., Wild, K. -P. & Winteler, A. (1993).. Hasil uji coba instrumen menunjukkan terdapat 1 soal yang tidak valid dari 18 soal dengan indeks reliabilitas sebesar 0.89. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan statistik deskriptif yaitu mean/ rerata, nilai maksimal, nilai minimal dan standar deviasi. Berdasarkan hasil penelitian, minat belajar mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Jakarta terhadap mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 273 dari 303 mahasiswa atau 72%. This research aims to find out the profile of Educational Program Students' Interest in Teaching and Learning Theories (Teori Belajar dan Pembelajaran) course at Jakarta State University. The research method used was a descriptive quantitative. The population of research was all Educational Program Student of Jakarta State University that have attended the Teaching and Learning Theories course at 105th semester, while the sample consisted 15% of the population who took randomly from each faculty. The research data were obtained using Study Interest Questionnaire which has been adapted. This instrument is arranged by Schiefele, U., Krapp, A., Wild, K. -P. & Winteler, A. (1993). The result of instrument's trial showed there is 1 of 18 questions is invalid with a reliability index of 0.89. The data analysis technique used was a descriptive quantitative which consist of mean, maximum value, minimum value, and standard deviation. The conclusions of research showed the student's interest level in Teaching and Learning Theories Course is in the medium category consisting 273 of 303 students (72%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd. 2). Drs. Djunaedi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 05:20
Last Modified: 06 Apr 2022 05:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25889

Actions (login required)

View Item View Item