OPTIMALISASI FASILITAS PARK AND RIDE TERINTEGRASI MODA TRANSPORTASI MASSAL BRT (BUS RAPID TRANSIT) DI DKI JAKARTA (Survei Kebutuhan Fasilitas Park and Ride Vertical Ragunan)

EKA YULIN RAHAYU, . (2017) OPTIMALISASI FASILITAS PARK AND RIDE TERINTEGRASI MODA TRANSPORTASI MASSAL BRT (BUS RAPID TRANSIT) DI DKI JAKARTA (Survei Kebutuhan Fasilitas Park and Ride Vertical Ragunan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_EKA YULIN RAHAYU_4315126774.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi pada park and ride vertical Ragunan dan untuk merevitalisasi fasilitas park and ride vertical Ragunan di Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Mei hingga Desember 2016. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengguna park and ride vertical Ragunan. Metode pengumpulan sampel yaitu non probability sampling dengan menggunakan teknik incidental sampling. Sampel pada penelitian ini adalah para pengguna park and ride vertical Ragunan yang berjumlah 60 orang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan bentuk tabel frekuensi dan persentase. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa bahwa park and ride vertical Ragunan belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari 73,3% pengguna park and ride sudah sesuai dengan peruntukan dibangunnya park and ride sebagai tempat penyimpanan kendaraan terintegrasi yang akan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Transjakarta. Namun, ada 26,7% pengguna yang menggunakan park and ride tersebut untuk berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan dan hal tersebut tidak sesuai dengan peruntukan dibangunnya park and ride sebagai tempat penyimpanan kendaraan terintegrasi untuk pengguna yang akan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Transjakarta.Selain itu sebesar 91,2% kapasitas satuan ruang parkir pada park and ride vertical Ragunan pada hari kerja sudah terisi oleh para penguna sedangkan 8,8% satuan ruang parkir masih kosong, hal ini menandakan bahwa park and ride vertical Ragunan masih belum optimal karena seluruh satuan ruang parkir yang tersedia belum terisi penuh. Rata-rata durasi pengguna fasilitas park and ride vertical Ragunan adalah 10,2 jam/kendaraan. Hal menunjukan bahwa durasi tiap responden cukup lama. Jika durasi parkir menunjukan angka yang besar maka pergantian kendaraan yang berada di tempat parkir akan sangat kecil.Tingkat keamanan pada fasilitas park and ride vertical Ragunan sudah terbilang sukup aman. Namun, pada lantai 2 dan 3 masih ditemukan keluhan dari para pengguna. Pengguna masih mengeluhkan kurangnya CCTV pada lantai 2 dan 3, hal ini membuat pengguna khawatir jika memarkirkan kendaraan pada lantai 2 dan 3. This study aims to determine the optimization of the park and ride vertical Ragunan and to revitalize the park and ride facilities in the village vertical Ragunan Ragunan, Pasar Minggu, South Jakarta. The research was conducted in May and December 2016. The method used in this research is descriptive method with survey approach. The population in this study are all the park and ride vertical Ragunan. Methods of sample collection is non-probability sampling using incidental sampling technique. Samples are users of the park and ride vertical Ragunan which numbered 60 people. Data analysis techniques in this study using descriptive analysis with tabular frequencies and percentages. The results of this study can be seen that that park and ride vertical Ragunan not optimal. It can be seen from 73.3% of the park and ride is in conformity with the designation construction of park and ride as integrated vehicle storage area that will continue the journey by Transjakarta. However, there are 26.7% of users who use the park and ride to visit Ragunan Zoo and it is not compatible with the designation construction of park and ride as integrated vehicle storage area for users who will continue the journey by Transjakarta.Selain it by 91 , 2% the capacity of parking space at the park and ride vertical Ragunan on weekdays has been filled by the user, while 8.8% parking space is empty, it indicates that the park and ride vertical Ragunan still not optimal because the entire parking space available not fully charged. The average duration of the park and ride facilities Ragunan vertical is 10.2 hours / vehicle. It shows that the duration of each respondent is quite long. If the parking duration shows a big number then turn the vehicle in the parking lot will be very kecil.Tingkat safety at park and ride facilities sukup vertical Ragunan is fairly safe. However, on the 2nd and 3rd floors are still found complaints from users. Users still complain about the lack of CCTV on floors 2 and 3, it makes the user to worry if parked vehicle on floors 2 and 3.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Sucahyanto 2) Aris Munandar, S.Pd., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 05:41
Last Modified: 06 Apr 2022 05:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25892

Actions (login required)

View Item View Item