PENGELOLAAN KEGIATAN POSYANDU LANSIA UNTUK MENCIPTAKAN KESEHATAN MENTAL MASYARAKAT LANJUT USIA DI POSYANDU RW 006 KELURAHAN PAPANGGO JAKARTA UTARA

FERIKA RAHMADIAN WULANDARI, . (2017) PENGELOLAAN KEGIATAN POSYANDU LANSIA UNTUK MENCIPTAKAN KESEHATAN MENTAL MASYARAKAT LANJUT USIA DI POSYANDU RW 006 KELURAHAN PAPANGGO JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsiferika.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan posyandu dalam kegiatan untuk menciptakan kesehatan mental di Posyandu lansia RW 006 Kelurahan Papanggo. Tujuan penelitian ini meliputi : (1). Untuk mengetahui perencanaan kegiatan Posyandu lansia (2). Untuk mengetahui pengorganisasian kegiatan di Posyandu Lansia (3) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan Posyandu lansia dan (4) Untuk mengetahui pengawasan kegiatan di Posyandu lansia. Pendekatan peneliti yang dipakai adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi yang digunakan oleh penliti di Posyandu RW 006 Kelurahan Papanggo Jakarta Utara. Peneliti memperoleh data dengan menggunakan instrumen yang berupa wawancara dan obsevasi. Subyek yang digunakan berjumlah 6 orang yang terdiri dari ketua pengelola Posyandu lansia, wakil dari pengelola Posyandu lansia dan 4 orang masyarakat lansia di sekitar RW 006. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pengelolaan kegiatan Posyandu Lansia untuk menciptakan kesehatan mental yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang ada di Posyandu Lansia RW 006. This study aims to describe how the management of posyandu in activities to create mental health in Posyandu elderly RW 006 Papanggo Village. The purpose of this study include: (1). To know the planning activity of elderly Posyandu (2). To know the organizing of activities in Posyandu Lansia (3) To know the implementation of elderly Posyandu activities and (4) To know the supervision of activities in Posyandu elderly. The researcher approach used is qualitative descriptive approach. Location used by the researcher at Posyandu RW 006 Papanggo Village, North Jakarta. Researchers obtained data using instruments in the form of interviews and obsevation. The subjects used consisted of 6 people consisting of elderly Posyandu managers, representatives of elderly Posyandu managers and 4 elderly people around RW 006. The results obtained in this study is the management of Elderly Posyandu activities to create mental health which includes planning, organizing, Implementation and supervision in Elderly Posyandu RW 006.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Widio Prihanadi, MM. 2). Dr. Durotul Yatimah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 05:45
Last Modified: 06 Apr 2022 05:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25893

Actions (login required)

View Item View Item