METODE DISKUSI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas di kelas VII SMP Negeri 1 Citeureup)

ELSA PRATIWI, . (2017) METODE DISKUSI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas di kelas VII SMP Negeri 1 Citeureup). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Elsa Pratiwi (4915133434).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan metode diskusi terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Citeureup. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Citeureup Jakarta semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dikaji melalui penelitian lapangan yang berbentuk penelitian tindakan kelas sebagai refleksi penelitian dalam mengidentifikasi dan mendeskripsikan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII 1. Setelah dilakukan tindakan, hasilnya menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas VII 1 SMP Negeri 1 Citeureup. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 diperoleh 69,2. Pada siklus 2 nilai rata-rata hasil belajar siswa diperoleh 83. Sedangkan pada siklus 3, diperoleh nilai belajar siswa rata-rata diperoleh 90. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VII 1 SMP Negeri 1 Citeureup. This study aims to determine the use of guided discussion methods to improve the learning outcomes of IPS students of class VII in SMP Negeri 1 Citeureup. This research was conducted at SMP Negeri 1 Citeureup Jakarta second semester of Lesson 2016/2017. The method used is Classroom Action Research (PTK). This study was studied through field research in the form of classroom action research as a reflection of research in identifying and describing the improvement of student learning outcomes in social studies subjects in class VII 1. After the action, the results showed an increase in student learning outcomes of grade VII 1 SMP Negeri 1 Citeureup . The average score of students' learning outcomes in cycle 1 was 69.2. In cycle 2 the average value of student learning outcomes obtained 83. While in cycle 3, obtained the average student learning score obtained 90. Based on the results of research, it can be concluded that the use of guided discussion method can improve learning outcomes and improve the learner activity class VII 1 SMP Negeri 1 Citeureup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Muhammad Muchtar, M.Si 2) Shahibah Yuliani, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 05:50
Last Modified: 06 Apr 2022 05:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25895

Actions (login required)

View Item View Item