Penggunaan Media Komik Padda Mata Pelajaran Ilmu Penggetahuan Sosial (IPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar (Penelitian Tindakan Kelas VII A dan VII B di SMP Terpadu Baiturrahman Bandung)

Muhamad Umar, . (2016) Penggunaan Media Komik Padda Mata Pelajaran Ilmu Penggetahuan Sosial (IPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar (Penelitian Tindakan Kelas VII A dan VII B di SMP Terpadu Baiturrahman Bandung). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI M. UMAR P.IPS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempeoleh data yang empiris mengenai upaya penggunaan media komik pada pelajaran dalam meningkatkan hasil belajar di SMP Terpadu Baiturrahman Bandung. Penelitian dilaksanakan di SMP Terpadu Baiturrahman Bandung selama dua bulan dari bulan febuari sampai dengan bulan maret 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adaalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru IPS. Penelitian ini menggunakan tiga siklus, siklus pertama menggunakan metode observasi, siklus kedua tiga kali pertemuan dan siklus yang ketiga empat kali pertemuan. Pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan. Diantaranya : Perencanaan Tindakan (planning), Pelaksanaan Tindakan (acting), Observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian dari pre test, siklus dua di kelas VII A sebanyak 25% (6 pesrta didik) mendapatkan di atas KKM 75, di kelas VII B sebanyak 23,07% (6 peserta didik) di atas KKM 75. Siklus dua kelas VII A dan kelas VII B sebanyak 24% (12 peserta) didik yang mendapatkan nilai di atas KKM 75. Siklus tiga nilai pre test siklus tiga kelas VII A sebanyak 25% (6 peserta didik) mendapatkan nilai di atas KKM 75, di kelas VII B sebanyak 30,76% (8 peserta didik) mendapatkan nilai di atas KKM. Siklus dua kelas VII A dan kelas VII B sebanyak 28% (14 peserta) didik yang mendapatkan nilai di atas KKM 75. Sedangkan berdasarkan hasil post test pada siklus dua kelas VII A sebanyak 50% (12 peserta didik) mendapatkan nilai di atas KKM 75 dan di kelas VII B sebanyak 76,92% (20 peserta didik) mendapatkan nilai di atas KKM. Jadi, siklus dua nilai post test kelas VII A dan kelas VII B sebanyak 64% (32 peserta) didik yang mendapatkan nilai di atas KKM 75. Siklus tiga nilai post test siklus tiga kelas VII A sebanyak 76,16% (19 peserta didik) mendapatkan nilai di atas KKM 75, di kelas VII B sebanyak 80,76% (21 peserta didik) mendapatkan nilai di atas KKM. Jadi, disiklus tiga nilai post test kelas VII A dan kelas VII B sebanyak 80% (40 peserta didik) yang mendapatkan nilai di atas KKM 75. Selain itu media pembelajaran berupa komik dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar dan dapat meningkatkan daya ingat peserta didik saat proses evaluasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Muhammad Muchtar, M.Si ; 2). Sujarwo, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 07 Jan 2020 11:21
Last Modified: 07 Jan 2020 11:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2590

Actions (login required)

View Item View Item